Sekilas Info

Lantamal IX Gelar Latpratugas Pengamanan Pemilu

LATPRATUGAS PENGAMANAN PEMILU – Asisten Operasi (Asops) Danlatamal IX Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar (kiri) memeriksa personel saat upacara pembukaan Latihan Pratugas Pengamanan Pemilu di jajaran Komando Armada III yang dipusatkan di Lapangan Apel Mako Lantamal IX Ambon Senin (28/01/2019).

AMBON – Jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon mulai melaksanakan Latihan Pratugas Pengamanan Pemilihan Umum di jajaran Komando Armada III.

Upacara pembukaan latihan dipimpin Asisten Operasi (Asops) Komandan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar, dipusatkan di Lapangan Apel Mako Lantamal IX Ambon Senin (28/01/2019).

Panglima Koarmada III Laksda TNI ING Ariawan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sianipar mengatakan upacara pembukaan tersebut merupakan awal dimulainya latihan pratugas pengamanan Pemilu Presiden maupun Pemilu Legislatif tahun 2019 yang diselenggarakan di Koarmada III dan jajaran mulai tanggal 28 Januari - 8 Februari 2019.

“Latihan pratugas ini pada hakekatnya merupakan bentuk latihan operasi dukungan kepada pemerintah daerah maupun pusat serta Polri dengan memproyeksikan kekuatan SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu) yang terdiri dari pesawat udara, pasukan Marinir serta pangkalan TNI AL,” katanya.

Selain itu, jelasnya, latihan pratugas ini juga merupakan wujud dari tanggung jawab dan pengabdian kita dalam menjaga keutuhan NKRI, sekaligus sebagai sarana uji terampil guna meningkatkan kualitas, kemampuan dan profesionalisme prajurit, dalam menjalin kerjasama antar unsur-unsur SSAT Koarmada III dengan instansi samping dalam menghadapi segala bentuk ancaman serta gangguan yang timbul pada kondisi yang sebenarnya.

“Saya yakin dan percaya bahwa tugas ini akan dapat dilaksanakan dengan baik, karena saudara-saudara telah teruji kesetiaan dan loyalitasnya kepada bangsa dan negara sebagaimana telah ditunjukkan pada pelaksanaan tugas yang diemban selama ini”, jelas Panglima Koarmada III dalam amanatnya.

Menurutnya, fokus dari latihan pratugas ini adalah untuk mewujudkan empat sasaran penting yaitu terwujudnya pengetahuan dan keterampilan para peserta latihan dalam melaksanakan tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang) dan terbentuknya kerjasama yang baik antar peserta latihan dalam pelaksanaan tugas operasi demi terwujudnya sinergitas dan soliditas TNI/Polri serta instansi pemerintah.

“Diharapkan para peserta latihan memahami serta mampu mengimplementasikan standar operasional prosedur keamanan dalam pengamanan Pemilu demi terwujudnya keamanan nasional dan terlaksananya latihan pratugas pengamanan Pemilu secara profesional serta mengedepankan kerjasama yang solid,” ungkapnya.

Pengamanan Pulau Terluar

Selain upacara pembukaan latihan pratugas pengamanan Pemilu legislatif dan presiden tahun anggaran 2019, upacara tersebut digelar sekaligus dalam rangka melepas keberangkatan Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon dalam satuan tugas pengamanan pulau terluar tahun anggaran 2019 di wilayah Lantamal IX.

Pada kesempatan itu, Asops Danlantamal IX mengucapkan selamat bertugas kepada prajurit Yonmarhanlan IX yang akan melaksakan tugas di pulau terluar wilayah Lantamal IX. Diharapkan para prajurit dapat melaksanakan tugas dengan baik, penuh rasa tanggung jawab dan dengan semangat.

Prajurit Yonmarhanlan IX Ambon akan bertugas menempati pulau terluar di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan ditempatkan di beberapa Pos Angkatan Laut (Posal) meliputi Posal Pulau Moa, Posal Lirang, Posal Romang, Posal Letti, Posal Kisar dan Posal Pulau Wetar yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!