oleh

Tim Mabes Polri Pantau Simulasi Sispamkota Polda Maluku

-Keamanan-515 views

AMBON – Mabes Polri mengirimkan tim guna memantau Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) oleh Polda Maluku yang dipusatkan di Lapangan Upacara Polda Maluku, Tantui, Ambon, Rabu (20/3/2019).

Tim tersebut dipimpin Karo Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PID) Divisi Humas Polri Brigjen Pol FFJ Mirah dan didampingi Kombes Pol R Lucky Sulaksana (Analis Kebijakan Madya Bidang Jakstra Srena Polri)  dan Kombes Pol Suharwiyono.

“Kami menilai inilah kelebihan Polda Maluku karena mereka memperagakan bagaimana mengantisipasi kejadian di tengah laut, dan semua skenario hari ini sangat bagus sehingga bisa dilihat kesigapan dan saya rasa seluruh polda tidak akan seperti ini,” ungkap Mirah.

Semua personil juga diminta menjaga kesehatan dengan baik, tetap semangat, dan mudah-mudahan pelaksanaan pengamanan pemilu berjalan aman dan biarlah apa yang diperagakan ini tidak terjadi.

Menurutnya, kemungkinan nantinya pada saat pelaksanaan H-1 hingga H plus satu akan ada tim asistensi gabungan TNI dan Polri untuk melihat pengamanan pemilu di wilayah Polda Maluku dan tinggal satu bulan lagi tugas yang mulia ini sudah mulai dijalankan.

“Kita akan kembali ke Mabes membuat laporannya karena sudah harus dimasukan mengingat tinggal satu bulan lagi sudah dilakukan pengamanan tahapan pemungutan suara pemilu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat mengatakan,simulasi sispamkota tersebut melibatkan 673 personel gabungan TNI, Polri, dan juga pemerintah daerah.

“Kita melakukan kegiatan sispamkota hari ini bertujuan melatih kombatan diantara satuan-satuan yang ada dan dari latihan tadi, dapat disimpulkan bahwa TNI Polri dan aparat terkait di Maluku sudah siap mengamankan Pemilu 2019,” katanya.

Skenarionya, jelas Ohoirat, mulai antisipasi dari hal terkecil sampai masalah yang paling terburuk, sehingga suatu saat nanti apabila terjadi hal yang mengganggu aparat keamanan sudah siap.

Sebagaimana diketahui, Polda Maluku menggelar simulasi Sispamkota yang dipusatkan di Lapangan Upacara Polda Maluku, Tantui, Ambon, Rabu (20/3/2019).

Simulasi tersebut disaksikan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono, Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, Kepala BIN Daerah Maluku Brigjen TNI Khairully, Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Marinir Supriyono, Kajati Maluku Triyono Hariyanto serta pejabat TNI/Polri. (MT-03)

Komentar

News Feed