Sekilas Info

Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila, Wagub Maluku Kenakan Pakaian Daerah

UPACARA – Wagub Maluku Barnabas Orno menjadi inspektur upacara saat upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di pelataran Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Sabtu (1/6/2019).

AMBON – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memperingati Hari Kelahiran Pancasila dengan menggelar upacara di pelataran Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Sabtu (1/6/2019).

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno. Peserta upacara termasuk Wagub juga mengenakan baju daerah.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno mengatakan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

“Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-niali Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Menurutnya, berkat pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan "Bhinneka Tunggal Ika".

“Dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia,” ungkapnya.  (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!