Sekilas Info

Pemkot Ambon Peringati Hari Lahir Pancasila di Monumen Gong Perdamaian Dunia

UPACARA – Pemkot Ambon menggelar upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di pelataran Monumen Gong Perdamaian Dunia, Ambon, Sabtu (1/6/2019).

AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memperingati Hari Kelahiran Pancasila dengan menggelar upacara di pelataran Monumen Gong Perdamaian Dunia, Ambon, Sabtu (1/6/2019).

Kendati diwarnai hujan, namun upacara yang dipimpin Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy tetap berlangsung khidmat.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanah kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tandasnya.

Dikatakan, sebagai negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvisi diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis.

“Maksudnya keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun "Tamansari Kebudayaan" yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua,” katanya.

Selain para PNS di jajaran Pemkot Ambon, upacara tersebut juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler serta para pimpinan OPD di jajaran pemkot. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!