Sekilas Info

Hari Laut Sedunia, Pentingnya Peranan Perempuan bagi Pembangunan Kelautan

#WORLDOCEANDAY  hari ini meramaikan dunia media sosial. Hashtag dibuat untuk mengingatkan masyarakat dunia, Sabtu (8/6/2019) merupakan Hari Laut Sedunia.

Diperingati setiap 8 Juni, mulai 2009 lalu World Ocean Day dihadirkan untuk meningkatkan kesadaran penduduk bumi akan tantangan yang dihadapi terkait dengan lautan. Laut memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan manusia. Fungsinya tidak bisa dilepaskan begitu saja.

Lautan merupakan salah satu sumber utama bahan makanan dan obat-obatan serta ekosistem yang penting bagi fauna dan flora yang hidup di dalamnya. Peringatan hari laut sedunia pertama kali diajukan pada 1992 dalam kesempatan KTT Earth Summit di Rio de Janeiro.

Peringatan ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan peran penting laut dalam kehidupan manusia dan peran penting manusia untuk melindungi laut.

Akhirnya hari laut sedunia ditetapkan pada 8 Juni, setelah Majelis Umum PBB mengakui kontribusi penting pembangunan berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya serta penggunaan lautan untuk mencapai tujuan pembangunan yang tercantum dalam Deklarasi Millenium PBB, dikutip dari laman resmi Greening The Blue.

Setiap tahunnya, tanggal 8 Juni merupakan sebuah momentum untuk memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli dengan lautan. Nah, World Ocean Day tahun ini mengusung tema 'Gender and The Ocean'.

Tema ini senada dengan arah kebijakan pengarustuamaan gender yang telah dan akan terus dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia dalam mengupayakan keadilan dan kesetaraan gender bagi masyarakat kelautan perikanan, beberapa program dan kegiatan responsif gender pun sudah berjalan.

Bahkan, KKP memiliki lebih dari 300 Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan (P2MKP) di berbagai daerah, dengan tujuan untuk memberdayakan perempuan nelayan.

Faktanya, pembangunan kelautan dan perikanan tidak lepas dari peran perempuan. Perempuan di pesisir sekarang semakin kuat dan berjuang, selain banyak sekali usaha pengolahan ikan yang dilakukan kelompok perempuan, saat ini juga tercatat banyak perempuan memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, disamping tugas mengurus anak-anaknya.

Hubungan manusia dan laut tentunya sangat penting. Bersama dengan tanpa adanya perbedaan gender, kita lakukan konservasi, melindungi dan memulihkan sumber daya laut, memanfaatkannya secara berkelanjutan, serta menjaga agar laut kita tetap bersih dan lestari. (MT-02)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!