Sekilas Info

Tim BNPB Tinjau Kondisi Tanah Bergerak di IAIN Ambon

TINJAU LOKASI BENCANA – Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru (kelima dari kiri) bersama Rektor IAIN Ambon, Hasbollah Toisuta (keempat dari kiri), Tim BNPB dan BPBD Kota Ambon disela-sela meninjau lokasi bencana pergerakan/pergeseran tanah di Gedung Pusat Perpustakaan IAIN Ambon, Minggu (9/6/2019).

AMBON - Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau lokasi pergerakan tanah kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Minggu (9/6/2019).

Lokasi yang ditinjau yaitu gedung Pusat Perpustakaan, gedung auditorium, gedung generator dan Laboratorium MIPA.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, AG Latuheru yang turut bersama tim BNPB meninjau kawasan IAIN Ambon. Hadir juga Rektor IAIN Ambon, Hasbollah Toisuta.

Di depan Rektor IAIN Ambon, Sekkot menjelaskan kehadiran tim BNPB merupakan bagian dari respon atas bencana yang sementara terjadi di Kota Ambon termasuk adanya bencana gerakan tanah di IAIN Ambon.

“Kepala BNPB Doni Moenardo mengambil langkah cepat dan langsung memerintahkan tim untuk turun meninjau serta melakukan penilaian terhadap dampak bencana akibat hujan di Maluku. Hasil penilaian tim BNPB ini, akan digunakan untuk menentukan langkah-langkah strategis pemerintah pusat melalui BNPB dalam melakukan intervensi, membantu mengatasi akibat bencana di Ambon,” jelasnya.

Sementara Rektor IAIN Ambon, Hasbollah Toisuta menjelaskan pihaknya sudah melaporkan persoalan ini ke Kementerian Agama serta kontraktor pembangunan yaitu PT Pembangunan Perumahan (Persero) di Jakarta.

“Pihak kontraktor berjanji segera ke Ambon dengan menyertakan ahli geologi guna melihat dan mempelajari langsung struktur tanah yang ada,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah melakukan dokumentasi terkait semua perkembangan yang terjadi, khusus pada bagunan-bangunan yang terkena dampak gerakan tanah, sehingga bisa menjadi bukti untuk pengambilan keputusan selanjutnya.

Sebelum mengunjungi IAIN Ambon, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Ambon, Ronald Lekransi bersama tim BNPB juga melakukan peninjauan di beberapa lokasi tanah longsor dan retakan tanah diantaranya di kawasan Batu Meja dan kawasan Kayu Tiga serta kawasan Gunung Malintang, Kecamatan Sirimau. (MT-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!