Sekilas Info

Puluhan Santri di Maluku Ikut Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi

SELEKSI - Sebanyak 25 santri dari sejumlah pondok pesantren di Provinsi Maluku mengikuti seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Perguruan Tinggi yang berlangsung Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ambon, Selasa (18/6/2019).

AMBON - Sebanyak 25 santri dari sejumlah pondok pesantren di Provinsi Maluku mengikuti seleksi  Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Perguruan Tinggi.

Ke-25 tersebut yang berasal dari Pondok Pesantren Sshuffah Hizbullah (15 orang), Pondok Pesantren Khorul Ummah (5 orang), Pondok Pesantren Nadil Ulumuddinyah (3 orang) dan Pondok Pesantren Tahfidhul Quran (2 orang).

"Program ini merupakan penjewantahan upaya Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) untuk bersinergi dengan Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam khususnya Pondok Pesantren," ungkap Kepala Bidang Pakis Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, La Fatah saat membuka kegiatan seleksi PBSB yang berlangsung Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ambon, Selasa (18/6/2019).

Menurut La Fatah, metode penjaringan para santri berprestasi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Mitra (PTM) dilakukan serempak secara nasional dengan mengunakan sistem online.

Saat ini, kata La Fatah yang juga mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Seram Bagian Barat ini, akses masuk ke perguruan tinggi bagi santri berprestasi yang memiliki latar belakang ekonomi lemah masih sangat terbetas untuk itu, Kemenag melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Pondok Pasantren memberikan afitrmasi kepada santri melalui program PBSB saebagai wujud strategis penyediaan subsidi pendidikan keagamaan Islam bermutu pada program pendidikan Islam.

"Ini sesuai dengan rencana strategis Kemenag tahun 2016-2019 dan peraturan presiden nomor 2 tahun 2016  tentang rencana pembangunan jangka menegah yang diwujudkan melalui kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonseia," katanya.

La Fatah menjelaskan, misi dilaksanakan PBSB agar para santri setelah menyelesaikan studinya di Perguruan Tinggi Mitra (PTM) dapat memperkuat pemberdayaan dan pengembangan pondok pesantren, terutama dibidang sains dan teknologi disamping Islamic Studies, sehingga seluruh potensi yang ada dalam masyarakat dapat diberdayakan dan kehadiran pesentran yang telah ada sejak ratusan tahun akan tetap eksis dalam pengembangan pendidikan untuk melayani masyarakat di Maluku.

“Untuk mejawab hal tersebut maka Bidang Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Maluku telah melakukan berbagai upaya untuk menarik minat para santri dalam mengikuti Program Beasiswa Santri Berpretasi dengan memasukan program ini dalam RKAKL Bidang Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Maluku,” jelasnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!