Sekilas Info

Jerman Takluk, Swedia Temani Belanda ke Semifinal Piala Dunia Wanita 2019

AMBON – Tragis, juara dua kali Timnas putri Jerman gagal melangkah ke babak semifinal Piala Dunia Wanita 2019 yang berlangsung di Perancis, setelah kalah atas Timnas Swedia.

Die Nationalelf - julukan timnas putri Jerman - kandas pada babak perempat final Piala Dunia Wanita 2019 seusai takluk dari Swedia, Sabtu (29/6/2019) waktu setempat atau Minggu (30/6/2019) dinihari WIT.

Pada pertandingan di Roazhon Park, Paris itu,  Jerman sukses mengambil alih kendali permainan pada babak pertama. Dominasi itu membawa Lina Magull mencetak gol pada menit ke-16 setelah menyelesaikan umpan kiriman Sara Dabritz. Skor 1-0 untuk Jerman.

Meski demikian, Swedia yang tampil dibawa komando Caroline Seger berhasil membalas gol tersebut di menit 22 lewat kaki Sofia Jakobsson yang mengonversi umpan kiriman Linda Sembrant. Skor menjadi 1-1.

Kedudukan imbang tersebut kemudian bertahan sampai wasit Stephanie Frappart asal Prancis meniup peluit tanda jeda babak pertama.

Sekembali dari kamar ganti, Jerman kembali menggenggam kendali permainan. Meski demikian, Swedia hanya butuh tiga menit saja untuk mencetak gol kedua mereka lewat kaki Stina Blackstenius.

Gol tersebut menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak kedua sekaligus sebagai gol penentu langkah Swedia untuk maju ke semifinal.

Jerman menguasai 67 persen penguasaan bola babak kedua dan melepas tujuh upaya tembakan dan satu di antara tepat sasaran.

Ada pun Swedia yang kalah penguasaan bola justru lebih banyak mengancam gawang Jerman. Dari lima usaha yang mereka catatankan tiga di antaranya sangat akuratif.

Kekalahan dari Swedia ini membuat Jerman dipastikan kandas sekaligus gagal meraih tiket ke Olimpiade 2020 yang berlangsung di Tokyo.

Tim putri Jerman juga gagal mengikuti jejak tim putra yang pada pekan lalu telah memastikan lolos ke Tokyo 2020.

Untuk diketahui, Piala Dunia Wanita 2019 menjadi ajang kualifikasi nomor sepak bola putri di Olimpiade 2020 untuk Benua Eropa.

Tiga tim Eropa terbaik pada Piala Dunia Wanita 2019 akan menjadi representasi Benua Biru tersebut pada Tokyo 2020. Dengan demikian, Swedia bersama Inggris dan Belanda akan menjadi wakil Eropa dalam nomor sepak bola putri Olimpiade 2020.

Sudah ada enam tim yang dipastikan tampil dalam nomor sepak bola putri pada Olimpiade tahun depan.  Tuan rumah Jepang, Brasil, dan Selandia Baru adalah negara lain yang telah lebih dulu memastikan diri lolos.  Enam jatah lain akan menjadi milik wakil Afrika (1), Amerika Utara (2), Asia (2), dan pemenang play-off Afrika-Amerika Selatan.

Beberapa jam sebelum laga Jerman vs Swedia, timnas putri Belanda memastikan diri lolos ke semfinal seusai menyisihkan Italia. Pada babak semifinal, Swedia dan Belanda akan saling berhadapan. Mereka akan memperebutkan tiket ke final di Parc Olympique Lyonnais pada Rabu (3/7/2019) atau Kamis (4/7/2019) dinihari WIT.

Sehari sebelumnya, wakil Eropa lainnya, Inggris, akan berhadapan dengan tim tersukses di Piala Dunia Wanita, Amerika Serikat, yang tercatat tiga kali menjadi juara Piala Dunia Wanita dan berstatus juara bertahan, disusul Jerman (2 kali).

Norwegia dan Jepang merupakan dua negara lain yang pernah merasakan menjadi kampiun Piala Dunia Wanita 2019. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!