Sekilas Info

Gempa Bumi M 3,2 Guncang Banda

AMBON – Gempa bumi berkekuatan magnitudo M 3,2 mengguncang  wilayah Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah dan sekitarnya, Rabu (3/7/2019) pukul 20:09:55 WIT.

“Hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=3.2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.72 LS dan 129.96 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 22 km Selatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah pada kedalaman 10 km,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi malukuterkini.com, Rabu (3/7/2019).

Dijelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.

“Dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Banda II-III MMI,” jelasnya.

Di daerah tersebut, kata Sunardi, guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, Sunardi mengaku, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) hingga pukul 20:19 WIT.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!