Sekilas Info

BNPB Kirim Helikopter untuk Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Halmahera

Helikopter Mi-8 BNPB

AMBON – Pelaksana Harian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan pihaknya telah mengirimkan satu helikopter Mi-8 untuk penyaluran bantuan bagi korban gempa bumi di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Helikopter BNPB tersebut akan menjangkau sejumlah daerah yang tidak bisa dilalui mobil.

"Bantuan logistik untuk penanganan darurat terus mengalir seperti tenda keluarga dan keperluan pengungsi lainnya. Bantuan berupa tenda lainnya juga telah disiapkan pengirimannya menggunakan pesawat Hercules yang tiba Selasa, (16/7/2019) malam," kata Agus Wibowo,  Rabu (17/7/2019).

Helikopter Mi-8 BNPB

Ia menjelaskan selain pengiriman melalui udara BNPB juga telah mengirimkan dukungan logistik menggunakan kapal. Logistik dari kapal tanker telah dibongkar muat ke kapal yang lebih kecil.

Sejauh ini, menurut Agus Wibowo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan telah membentuk pos komando (posko) untuk melakukan penanganan darurat.

“Dapur umum yang dioperasikan pemkab yang dibantu TNI dan Polri untuk melayani 9 pos pengungsian di Kota Labuha. Pemerintah setempat menetapkan masa tanggap darurat selama 7 hari, terhitung 15 - 21 Juli 2019,” ungkapnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!