oleh

Gempa Bumi Tektonik M 5,0 Guncang Kabupaten Kepulauan Aru

-Bencana-130 views

AMBON – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Aru, Senin (12/8/2019) pukul 22.57 WIT.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,2 LS dan 134,2 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 km arah utara Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku pada kedalaman 25 km,” jelas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam rilisnya, yang diterima malukuterkini.com, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas tektonik berupa deformasi batuan di Zona Graben Aru.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar turun (normal fault),” ungkapnya.

Dikatakan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Dobo II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda yang digantung bergoyang).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan. Mohon cermati dan terus berlatih langkah-langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempa bumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa, saat dan setelah gempa bumi,” ujarnya. (MT-03)

Komentar

News Feed