oleh

Tenun Khas Maluku akan Diperkenalkan di Australia

-Ekonomi-872 views

AMBON – Istri Gubernur Maluku, Widya Murad Ismail memastikan  dalam waktu dekat akan memperkenalkan kain tenun dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) di ajang Fashion Show Internasional di Perth, Australia.

“Nanti di awal bulan Oktober saya akan membawa tenun Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan MBD untuk ikut Fashion Show Internasional di Perth, Australia,” ungkap Widya saat membuka Lomba Fashion Modifikasi Tenun Maluku, di Baileo Siwalima, Ambon, Maluku, Rabu (14/8/2019).

Menurut Widya, hal ini menjadi satu kebanggaan jika dirinya bisa mengangkat nama Maluku melalui karya ekonomi kreatif masyarakat.

“Ini kebanggaan saya. Saya sangat sedih kalau kita bicara Maluku kok cenderung agak jalan di tempat. Tapi ini adalah tugas saya. Saya sangat yakin dengan niat tulus dan didukung oleh Dinas Pariwisata dan OPD-OPD terkait di Maluku, ketertinggalan pasti akan bisa dikejar, sehingga kita dapat sejajar dengan provinsi lain di Indonesia. Untuk itu, saya mohon dukungan,” ungkapnya.

MODIFIKASI TENUN – Penampilan peserta Lomba Fashion Modifikasi Tenun Maluku, di Baileo Siwalima, Ambon, Maluku, Rabu (14/8/2019).

Tenun NTT, kata Widya, lebih maju dari Maluku, tetapi sebenarnya, tenun Maluku tidak kalah dengan tenun dari NTT.  Untuk itu, dalam waktu dekat, kata Widya, pihaknya akan membentuk sebuah wadah khusus untuk penenun Maluku.

Widya juga mengaku akan membentuk wadah khusus, karena beberapa kali kunjungan ke Kepulauan Tanimbar, dirinya melihat penenun di sana itu luar biasa.

“Selama disana yang saya temui, banyak sekali keluhan, kekurangan yang selama ini mereka rasakan. Mungkin ini yang dapat kita bantu. Untuk itu, ini fungsi saya sebagai istri gubernur, dengan dukungan semua pihak nantinya tenun Maluku paling tidak sejajar dengan tenun-tenun yang sudah ada di Indonesia,” jelasnya. (MT-03)

Komentar

News Feed