Sekilas Info

HUT ke-74 RI di Ambon, Siswa SMAN Siwalima Bawa Baki Bendera Merah Putih

AMBON – Fita Huwae, siswa SMA Negeri Siwalima Ambon dipercayakan sebagai pembawa baki bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (17/8/2019).

Tugas pembawa baki bukan hal sepele karena harus mampu mengontrol emosi, fokus serta punya sikap berwibawa.

Kabarnya para pelatih Paskibraka telah menyiapkan empat kandidat, namun menjelang hari H, Fita yang dipercayakan utuk membawa baki saat upacara pengibaran bendera.

Saat upacara tersebut, Gubernur Maluku Murad Ismail untuk pertama kalinya bertindak selaku Inspektur Upacara. Sementar naskah Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae.

Bertindak selaku komandan Upacara Letkol Inf Mario Chritian Noya yang menjabat sebagai Pabandya Latsopsdam XVI Pattimura.

Upacara yang dimulai pukul 10.00 WIT yang juga dihadiri Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Kajati Maluku Triyono Haryanto, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon Syarief hadler serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta pimpinan TNI/Polri.

Komandan Paskibraka dipercayakan kepada Lettu Inf Adi Prayoga (Pasi I Intelijen Yonif  733 Raider/Masariku). Paskibraka tersebut merupakan putra putri  terbaik provinsi Maluku yang berasal dari 11 kabupaten kota yang selama beberapa pecan terakhir ini dilatih di Ambon dibawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Maluku.

Kendati diguyur hujan disela-sela upacara, Gubernur Maluku Murad Ismail langsung mempersembahkan lagu wajibnya, “Maluku Tanah Pusaka”. Tak puas bernyanyi di tribun, Gubernur juga langsung turun langsung ke tengah lapangan.

Sementara itu, aubade lagu-lagu kebangsaan juga dinyanyikan siswa SMP dan SMA se-Kota Ambon.

Kepada wartawan usai upacara, Gubernur mengaku sangat berkesan dengan pelaksanaan upacara karena untuk pertama kalinya menjadi inspekstur upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan dalam status sebagai Gubernur Maluku.

"Ini baru pertama saya menjadi inspektur upacara  Ini merupakan hal yg luar biasa buat saya,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kedepan para anggota Paskibraka juga harus memenuhi unsur keterwakilan sekolah-sekolah di Maluku.

“Saya minta kemarin dari Paskibraka waktu saya melantik atau mengukuhkan mereka, saya menyampaikan bahwa anak-anak mulai dari sekarang harus di latih. Harus ada keterwakilan daerah. Saya lihat ada beberapa sekolah yang tidak terwakilkan. Ini menjadi PR buat saya untuk tahun depan semua SMA harus ada keterwakilan," katanya. (MT-04)

 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!