Sekilas Info

Pastikan Keamanan Mahasiswa Papua, Kapolda Maluku Gelar Makan Malam Bersama

BERTEMU MAHASISWA PAPUA - Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa dan jajarannya melakukan foto bersama mahasiswa asal Provinsi Papua dan Papua Barat di kediaman Kapolda Maluku di kawasan Tantui Ambon, Selasa (10/9/2019) malam.

AMBON - Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan ratusan mahasiswa asal Provinsi Papua dan Papua Barat, yang sementara menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi di Ambon, Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa menggelar makan malam bersama seluruh mahasiswa asal Papua, yang ada di kota Ambon.

Kegiatan tersebut berlangsung di kediaman Kapolda Maluku di kawasan Tantui Ambon, Selasa (10/9/2019) malam.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, jamuan makan malam tersebut merupakan bagian dari silaturahmi antara Polda Maluku, dengan para mahasiswa asal dua provinsi di Papua itu.

"Mahasiswa Papua dan Papua Barat yang ada di Ambon tercatat sebanyak 109 orang. Tidak ada hal penting yang kita bicarakan, kita disini hanya berkumpul, bercengkrama, bersendagurau dan bersilaturahmi," kata Kapolda disela-sela jamuan makan malam, Selasa (10/9/2019) malam.

Kegiatan tersebut, kata mantan Kapolda Papua Barat itu, hanya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi ratusan mahasiswa asal Papua, selama berkuliah dan tinggal di kota Ambon.

BERTEMU MAHASISWA PAPUA - Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa menyambut para mahasiswa asal Provinsi Papua dan Papua Barat di kediaman Kapolda Maluku di kawasan Tantui Ambon, Selasa (10/9/2019) malam.

"Silahkan tinggal, kuliah, di Ambon ini aman, bebas intimidasi, tidak perlu ada kecurigaan terhadap siapapun, kami dari pihak kepolisian, Pemerintah Daerah,  TNI tentunya memberikan jaminan yang keamanan 100 persen, siapapun yang ada di Maluku, khususnya Ambon harus kita amankan," katanya.

Ia menambahkan, pasca mengemuka isu rasialisme yang terjadi disejumlah daerah di Indonesia, terhadap orang Papua, membuat jajaran Polda Maluku, lebih mempererat lagi hubungan persaudaraan antara Maluku dan Papua.

"Saya rasa orang Maluku begitu familiar dengan orang Papua, begitu pun sebaliknya,. Dan malam ini juga sekaligus saya bernostalgia bersama mereka, dimana 30 tahun lalu, saya bertugas di Papua, dan kemudian pada beberapa tahun lalu, saya bertugas sebagai Kapolda Papua Barat, sehingga saya dan adik-adik rindu akan Papua," ujarnya.

Mantan Kakorlantas Polri ini menegaskan, pertemuan yang dilakukan bukan hanya sampai disitu melainkan akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan lainnya.

"Kedepan kita bertemu lagi. Masih ada banyak hal yang akan kita kenang dan lakukan," katanya.

BERTEMU MAHASISWA PAPUA - Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa menari bersama para mahasiswa asal Provinsi Papua dan Papua Barat di kediaman Kapolda Maluku di kawasan Tantui Ambon, Selasa (10/9/2019) malam.

Jenderal polisi yang menghabiskan banyak masa tugasnya di Bumi Cendrawasih itu juga turut memberikan semangat dan pesan bagi para mahasiswa asal Papua itu.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Mahasiswa Papua dan Papua Barat di Ambon, Erwin Abisay memberikan, apresiasi bagi Kapolda dan jajarannya yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak Kapolda dan jajarannya karena sudah bersilarurahmi dengan kami dan selalu menjaga kami selama ini," katanya.

Erwin mengaku, cukup merasa aman dan nyaman selama berada di kota Ambon. Kendati di tengah gejolak seperti yang terjadi di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, Ambon tetaplah tempat yang sangat nyaman bagi mereka.

"Di Ambon, baik-baik saja, karena kami rasa kehidupan orang Ambon dan Maluku, sama saja dengan kita di tanah Papua. Orang Ambon dan orang Papua itu adik dan kakak sehingga tidak ada persoalan apapun antara warga Ambon dengan orang Papua," ungkapnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!