Sekilas Info

SAR ‘Goes to School’

AMBON - Tak hanya melakukan tindakan pencarian dan penyelamatan saat kecelakaan dan bencana lainnya, namun Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon Pos SAR Tual juga melakukan kegiatan melalui pengenalan tentang SAR ke sekolah-sekolah.

Kegiatan diberi nama SAR Goes to School, berlangsung di SMAN 1 Tual, Sabtu (7/9/2019).

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin dalam rilisnya yang diterima malukuterkini.com, Rabu (11/9/2019) menjelaskan saat kegiatan dilakukan diberi pemahaman tentang SAR perlu ditumbuhkan sejak dini agar para siswa menjadi generasi yang memiliki budaya keselamatan demi terwujudnya kesiapsiagaan dalam menghadapi kecelakaan, musibah, dan kondisi membahayakan jiwa manusia.

"Koordinator Pos SAR Tual, memberikan pengarahan awal dengan memperkenalkan diri dan selanjutnya para siswa diberikan materi dan diperkenalkan slogan-slogan serta moto Kantor SAR Ambon. Kita mengajak mereka menyaksikan pemutaran video profil Kantor SAR Ambon dan film anak tentang tsunami," jelasnya

Tak hanya itu, katanya, para siswa juga diajak mengenal bagaimana caranya menghadapi situasi yang terjadi saat gempa melalui nyanyian. Dengan lantang mereka menyanyi dan mengikuti gerakan-gerakan yang ditunjukan oleh instruktur.

"Banyak pertanyaan lucu yang terlontar dengan wajah-wajah lugu selayaknya anak-anak “Kalau rumah-rumah rusak setelah tsunami terjadi kita kembali kemana?” tanyanya," kata Muslimin.

Dalam kegiatan itu pula peserta diberikan penjelaskan bagaimana membaca tanda-tanda tsunami, cara menghadapinya, sampai dengan kondisi pasca tsunami terjadi.

Tak lupa juga pengenalan tentang tugas-tugas tim SAR dan emergency call 115. Selanjutnya para siswa diajak diperkenalkan berbagai peralatan dan fungsinya, peralatan-peralatan SAR, yang biasa digunakan ketika melaksanakan operasi SAR.

“Usai mendengarkan penjelasan tentang fungsi peralatan-peralatan SAR, para siswa juga dibagikan buku-buku tentang SAR. Budaya keselamatan haruslah kita bangun sejak dini dengan harapan mereka kelak dalam lingkungannya dapat menjadi duta untuk meningkatkan budaya keselamatan. tentang kesan-kesan mereka saat mengikuti SAR Goes to School. Dengan kompak dan bersorai mereka mengungkapkan rasa senang karena telah dikenalkan tentang SAR," kata Muslimin. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!