Sekilas Info

Panglima TNI Mutasi 31 Perwira Tinggi, Isaac Pattipeilohy Promosi Bintang Dua

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto

AMBON – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi dan promosi terhadap 31 perwira tinggi.

Dari rilis yang diterima malukuterkini.com, Kamis (12/9/2019), salah satu perwira tinggi yang dimutasi adalah Brigjen TNI Isaac Marcus Pattipeilohy. Ia dimutasi dari posisinya saat ini sebagai Kepala Biro (Karo) Persidangan, Sistem Informasi dan Pengawasan Internal Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas).

Pattipeilohy yang pernah menjabat Komandan Pomdam XVII/Cendrawasih ini selanjutnya dipercayakan sebagai Staf Ahli (Sahli) Bidang Sosial Budaya (Sosbud) Setjen Wantannas.

Ia menggantikan Laksda TNI Manahan Simorangkir yang digeser posisinya dari Sahli Bidang Sosbud Setjen Wantannas menjadi Staf Khusus Kasal.

Jabatan tersebut membuat Pattipeilohy yang pernah menjabat Komandan Pomdam VII/Wirabuana ini mendapat promosi menjadi jenderal bintang dua.

Posisi yang ditinggalkan Brigjen TNI Isaac Marcus Pattipeilohy, selanjutnya akan ditempati Laksma TNI Gregorius Agung WD, yang saat ini menjabat Komandan Lantamal XII/Pontianak Koarmada I

Dalam rilis tersebut disebutkan mutasi jabatan di lingkungan TNI dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier perwira tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan di tingkat perwira tinggi TNI.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/995/IX/2019 tanggal 6 September 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 31 Perwira Tinggi TNI terdiri dari 14 Perwira Tinggi jajaran TNI Angkatan Darat, 12 Perwira Tinggi jajaran TNI Angkatan Laut dan 5 Perwira Tinggi jajaran TNI Angkatan Udara.

Dalam mutasi dan promosi jabatan tersebut, tercatat sebagai berikut :

14 Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat yaitu:

  1. Mayjen TNI Tri Soewandono dari Pangdam III/Siliwangi menjadi Sesmenko Polhukam
  2. Brigjen TNI Suharyanto dari Kasdam Jaya menjadi Sesmilpres Kemensetneg
  3. Brigjen TNI Muhammad Hita Tunggal dari Karoum Settama BSSN menjadi Perwira Sahli Tk.III Bidang Polkamnas Panglima TNI
  4. Brigjen TNI Deddy Suryanto dari Perwira Sahli Tk. II Poldagri Sahli Bidang Polkamnas Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).
  5. Brigjen TNI Andi Muhammad dari Perwira Sahli Tk. II Was Eropa & AS Sahli Bidang Hubint Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasad.
  6. Brigjen TNI Gatot Sudjatmiko dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Sahli Tk. II Was Eropa & AS Sahli Bidang Hubint Panglima TNI.
  7. Mayjen TNI Rudianto dari Sahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam menjadi Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam.
  8. Brigjen TNI Purnomo Sidi dari Inspektur Kemenko Polhukam menjadi Sahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam.
  9. Brigjen TNI Tedi Rustendi dari Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik Kemenko Polhukam menjadi Inspektur Kemenko Polhukam.
  10. Kolonel Inf Yusran Yunus dari Kabid Pembaruan Bangsa dan Kearifan Lokal Pada Asdep Koordinasi Memperteguh Ke-Bhinekaan Kemenko Polhukam menjadi Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik Kemenko Polhukam.
  11. Brigjen TNI Yoseph Puguh Eko Setiawan dari Sekretaris Deputi pada Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam menjadi Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN.
  12. Kolonel Inf Jusmarizal dari Kabid Penanganan Konflik dan Kontijensi pada Asdep Koordinasi Penanganan Konflik dan Keamanan Transportasi Kemenko Polhukam menjadi Sekretaris Deputi pada Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam
  13. Kolonel Inf Yudi Zanibar dari Pamen Kodam III/Siliwangi menjadi Bandep Urusan Lingkungan Strategi Nasional pada Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas
  14. Brigjen TNI Isaac Marcus Pattipeilohy dari Karo Persidangan Sistem Informasi dan Pengawasan Internal Setjen Wantannas menjadi Sahli Bidang Sosbud Setjen Wantannas.

12 Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut yaitu:

  1. Laksda TNI drg. Andriani dari Perwira Sahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal.
  2. Laksma TNI Yusup dari Waasops Kasal menjadi Sahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam.
  3. Laksma TNI Irvansyah dari Danguspurla Koarmada I menjadi Waasops Kasal.
  4. Kolonel Laut (P) Didong Rio DPK dari Paban V Straops Sopsal menjadi Danguspurla Koarmada I.
  5. Laksda TNI Teguh Prihantono dari Deputi Bid. Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas menjadi Staf Khusus Kasal.
  6. Laksma TNI Nurhidayat dari Bandep Urusan Lingkungan Strategi Nasional Pada Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas menjadi Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas.
  7. Laksda TNI Manahan Simorangkir dari Sahli Bidang Sosbud Setjen Wantannas menjadi Staf Khusus Kasal.
  8. Laksma TNI Gregorius Agung WD dari Danlantamal XII/Pontianak Koarmada I menjadi Karo Persidangan Sistem Informasi dan Pengawasan Internal Setjen Wantannas.
  9. Laksma TNI Agus Hariadi dari Danguskamla Koarmada III menjadi Danlantamal XII/Pontianak Koarmada I.
  10. Laksma TNI Taat Siswo Sunarto dari Dirum Kodiklatal menjadi Danguskamla Koarmada III.
  11. Laksma TNI Rubiyanto dari Kadiswatpersal menjadi Dirum Kodiklatal.
  12. Laksma TNI drg RA Nora Lelyanadari Staf Khusus Kasal menjadi Kadiswatpersal.

5 Perwira Tinggi TNI Angkatan Udara yaitu:

  1. Marsma TNI Didi Dipo Issasongko dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Perwira Sahli Tk.II Poldagri Sahli Bidang Polkamnas Panglima TNI.
  2. Marsma TNI Gandhara Olivenca dari Kadissurpotrudau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).
  3. Kolonel Pnb I Made Susila A dari Sesdislambangjaau menjadi Kadissurpotrudau.
  4. Marsma TNI Muchtar Mawardi dari Kadisfaskonau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).
  5. Kolonel Tek IG Made Radar PJ dari Paban III/Alpal Slog TNI menjadi Kadisfaskonau. (MT-06)
Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!