oleh

Buka Pendaftaran Pilkada 2020, NasDem: Tidak Ada Mahar

-Nasional-222 views

JAKARTA – Partai NasDem mulai membuka pendaftaran untuk peserta Pilkada 2020. NaDem menyebut tak menggunakan mahar politik dalam proses seleksi tersebut.

“Jadi hari ini Nasdem di seluruh partai-partai, tapi mungkin hari ini baru di ibukota provinsi, menyelenggarakan pembukaan pendaftaran untuk Pilkada 2020, selanjutnya akan dibuka di semua kabupaten kota yang akan menggelar pilkada,” kata Ketua DPP NasDem, Willy Aditya di DPP Nasdem, Jalan RP Soeroso, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).

Willy menjelaskan, NasDem tak bisa mengusung calon sendiri di 22 daerah pada Pilkada 2020 karena tak punya kursi di DPRD. Sementara terdapat 25 daerah yang bisa membuat partai itu mengusung calon sendiri karena jumlah kursi di DPRD yang mencukupi.

Willy mengatakan, pada Pilkada 2020 ini NasDem tidak meminta mahar politik pada setiap bakal calon. Hal itu menurut Willy sudah dilakukan sejak pilkada-pilkada sebelumnya.

“Pilkada 2015, 2017 dan 2018 itu NasDem relatif menjadi pemenang di pilkada tersebut karena 1 hal yang kami usung, yaitu politik tanpa mahar. Ini tetap menjadi branding dan platform perjuangan Partai NasDem, untuk di Pilkada 2020 ini tidak ada mahar,” ujarnya.

Dalam Pilkada 2020 ini, partai pimpinan Surya Paloh itu menyatakan tak membuka pendaftaran di daerah yang petahananya berasal dari NasDem. Hal ini dijadikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja kadar mereka.

“Ada sekitar 20-an lebih yang kami tidak membuka pendaftaran karena di sana ada ketua NasDem, ada petahana NasDem yang berprestasi di 2019 kemarin. Jadi sebagai bentuk apresiasi, sebagai bentuk penghormatan, NasDem tidak membuka rekrutmen di daerah tersebut. Contohnya Gorontalo, Lampung di Pesisir Barat, Kepri itu kota Batam,” ungkap Willy. (MT-06)

Komentar

News Feed