oleh

Ingin Selundup Mercuri, Dua Calon Penumpang KM Dorolonda Diamankan

AMBON – Akibat ingin menyelundupkan air raksa (mercuri) ke luar Maluku, menyebabkan dua warga warga Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang adalah calon penumpang KM Dorolonda diamankan di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, Minggu (20/10/2019).

Keduanya masing-masing Mansur Rahantan dan La Mu’min  diamankan personel TNI yang bertugas di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, sekitar pukul 07.50 WIT saat hendak berangkat dengan KM Dorolonda.

Mansur adalah warga Dusun Ani, Desa Lokki, Kecamatan Seram Barat Kabupaten SBB, sedangkan Mu’min warga Tanah Merah, Kecamatan Waisala, Kabupaten SBB.

Informasi yang diperoleh malukuterkini.com terungkap sebanyak 75 kg mercuri ini dikemas dalam 10 botol air mineral ukuran 600 mililiter yang dibawa dengan menggunakan dua tas punggung warna hdan satu buah tas samping bermotif loreng.

Penangkapan keduanya pada saat Serka Yance Anggota Kodim 1504 dan Pratu Firman anggota Marinir Yonmarhanlan IX Ambon sedang melaksanakan tugas di pintu masuk terminal penumpang.

Serka Yance dan Pratu Firman melihat kedua calon penumpang yang hendak naik menuju ke atas kapal namun karena merasa curiga dengan barang bawaan sehingga Pratu Firman memanggil salah seorang dari keduanya dan langsung memeriksa tas mereka ternyata tas yang mereka bawah berisikan air raksa (mercuri) sebanyak 75 Kg.

Dan ternyata benar setelah diperiksa dan dibuka tas keduanya masing-masing satu tas punggung warna hitam merk Biao Wang berisikan air raksa sebanyak empat botol, satu tas punggung warna hitam merk Biao Wang berisikan air raksa sebanyak empat botol serta tas samping  bermotif Loreng berisikan air raksa sebanyak dua botol. Seluruh botol merupakan kemasan air mineral ukuran 600 mililiter.

Keduanya mengaku jika barang tersebut dibeli dari Desa Iha Kabupaten SBB dengan harga perkilo Rp 330.000 dan akan dibawa ke Surabaya guna diserahkan kepada seorang laki-laki yang biasa di panggil Bapak Haji.

Wakapendam XVI Pattimura Letkol Kav Bambang Sugiyarta yang dikonfirmasi perihal penangkapan yangdilakukan anggota TNI membenarkannya.

Menurutnya, kedua pemilik barang itu langsung diamankan dan langsung digiring untuk dimintai keterangan selanjutnya diserahkan ke Polsek Kawasan pelabuhan Yos Sudarso untuk dilakukan penyelidikan lebihlanjut.

“Benar tadi dua calon penumpang yang diduga membawa mercuri diamankan dan sudah diserahkan ke Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) untuk ditangani lebih lanjut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek KPYS AKP Teddy yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya terkait penangkapan kedua pelaku tersebut tak menjawabnya. (MT-04)

Komentar

News Feed