Sekilas Info

Presiden Jokowi Ajukan Komjen Idham Aziz Jadi Kapolri ke DPR

CALON KAPOLRI - Mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri) didampingi Kabareskrim yang juga calon Kapolri, Komjen Idham Aziz.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengajukan nama pengganti Tito Karnavian yang baru saja diangkat menjadi Mendagri. Nama Kabareskrim Komjen Idham Aziz diajukan ke DPR.

"Kami ajukan hari ini Pak Idham Aziz Kabareskrim," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/10/2019).

Jokowi menyampaikan hal tersebut menjawab pertanyaan wartawan mengenai siapa sosok Kapolri pengganti Tito Karnavian.

Sementara itu, Surat Presiden yang berisi pengajuan Kapolri baru sudah diterima DPR Rabu (23/10/2019) pagi.

Komjen Idham Aziz

"Sudah masuk, sudah masuk (surpresnya). Dan tinggal nunggu fit and proper test. Iya bener, Pak Idham Aziz (calon Kapolri)," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan setelah anggota-anggota di Komisi III ditetapkan. Rencananya, Kabareskrim itu akan menjalani fit and proper test pekan depan.

"Ya nunggu Komisi III disepakati dulu. Kan Komisi III baru minggu depan, setelah itu ya langsung kita adakan fit and proper test. Kan Komisi III-nya belum dilantik," ujar Dasco.

Untuk diketahui, Idham Aziz baru akan pensiun 22 Januari 2021. Dia masih memiliki waktu 1,5 tahun masa tugas aktif sebagai perwira polisi.

Saat ini tugas Kapolri dijalankan oleh Wakapolri Komjen Ari Dono. Jenderal bintang tiga ini akan pensiun pada 23 Desember 2019. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!