oleh

Ratusan Siswa Sekolah Angkasa Lanud Pattimura Bersaing di Ajang AMSO 2019

-Pendidikan-1.091 views

AMBON  – Ratusan siswa Sekolah Angkasa Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura bersaing di ajang Angkasa Mathematic and Science Olympiade (AMSO) 2019, yang berlangsung di kompleks persekolahan tersebut, Rabu (23/10/2019).

Bidang Lonba yang dilombakan untuk Tingkat SD yaitu Matematika dan Fisika, SMP (Matematika, IPA dan IPS), SMA Peminatan IPA (Matematika dan Fisika), SMA Peminatan IPS (Geografi dan Ekonomi)

Nantinya, hasil babak penyisihan ini akan menentukan para siswa mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA tersebut untuk bersaing di babak final tingkat nasional dengan puluhan sekolah Angkasa lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini (Yasarini), Nanny Hadi Tjahjanto dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Yasarini Cabang Lanud Pattimura Adim Sapuan berharap melalui kegiatan  AMSO 2019 ini dapat mendongkrak mutu Sekolah-Sekolah Angkasa menjadi sekolah unggulan dalam rangka menyiapkan generasi emas Indonesia yang akan membebaskan Indonesia dari jebakan pendapatan kelas menengah pada tahun 2045 nanti seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa hari yang lalu.

AMSO 2019 – Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan (kanan) didampingi Ketua Yasarini Cabang Lanud Pattimura Adim Sapuan (kiri) menyerahkan paket soal kepada Kepala SD Angkasa Lies Payung, Kepala SMP Angkasa M Pauno dan Kepala SMA Angkasa HM Lewerissa saat pembukaan AMSO 2019, di Kompleks Persekolahan Angkasa, Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (23/10/2019).

“Tanpa orang-orang yang berpendidikan, mustahil Negara Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dapat mensejahterakan rakyatnya,” katanya.

Ia juga berharap dengan diadakannya AMSO 2019 ini siswa-siswi Sekolah Angksa seluruh Indonesia semakin mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki secara optimal mungkin sesuai dengan karakteristiknya.

“Dalam jangka panjang, suatu saat nanti kalian akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian, kokoh, kompetitif dan mandiri,” ujarnya.

AMSO 2019 – Sejumlah siswa mengikuti AMSO 2019 di Kompleks Persekolahan SMA Angkasa, Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (23/10/2019).

Sementara itu, Komandan Lanud Pattimura selaku Pembina Yasarini Cabang Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan mengatakan AMSO ke-3 Tahun 2019 merupakan event nasional dan sebagai program peningkatan kualitas pendidikan Sekolah Angkasa dalam pengembangan daya nalar.

Tak hanya itu, kreativitas dan kemampuan berpikir kritis. Dia berharap melalui kegiatan ini, dapat menumbuhkembangkan potensi generasi muda.

“Khususnya di bidang kemampuan matematika maupun sains serta membentuk sumber daya manusia yang berkepribadian kokoh, kompetitif dan mandiri,” ungkapnya.

AMSO 2019 – Sejumlah siswa mengikuti AMSO 2019 di Kompleks Persekolahan SMA Angkasa, Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (23/10/2019).

Ia juga berharap para siswa SD, SMP maupun SMA Angkasa Lanud Pattimura dapat berprestasi di ajang ini sekaligus mengikuti babak final AMSO pada akhir bulan November 2019.

Sekedar diketahui,  AMSO 2019 merupakan salah satu program kegiatan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) yang berada di bawah organisasi PIA Ardhya Garini Pusat.

AMSO 2019 digelar dengan tujuan, sebagai sarana mempersiapkan dan menumbuhkan kader-kader juara siswa sekolah Angkasa untuk menjadi individu/generasi bangsa yang kreatif dan mandiri agar mampu bersaing di tingkat provinsi/nasional dan Internasional. Selain itu juga untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya bidang pendidikan.

Pembukaan pelaksanaan AMSO 2019 di Ambon ditandai dengan penyerahan paket soal oleh Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan didampingi Ketua Yasarini Cabang Lanud Pattimura Adim Sapuan kepada Kepala SD Angkasa Lies Payung, Kepala SMP Angkasa M Pauno dan Kepala SMA Angkasa HM Lewerissa. (MT-01)

Komentar

News Feed