Sekilas Info

Gempa Bumi Tektonik M3.5 Guncang Taniwel

AMBON – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 3,5 mengguncang wilayah Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Jumat (1/11/2019) pukul 10.35 WIT.

“Hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=3.5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.88 LS dan 128.46 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 36 km Timurlaut Piru-SBB pada kedalaman 10 km,” jelas Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi di Ambon, Jumat (1/11/2019).

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Taniwel III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang,” ungkapnya.

Hingga saat ini, kata Sunardi, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Ia menambahkan hingga pukul 11:00 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ungkapnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!