Sekilas Info

Asdi Ohorella & Ikwan Ali Tanamal Perkuat Timnas Elang Muda Asia

AMBON - Indonesia bakal menjadi tuan rumah turnamen sepakbola bertitel 47th Asian Schools Football U-18 yang akan berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 15-25 November mendatang.

Ajang ini diikuti oleh sedikitnya delapan negara, seperti Tiongkok, India, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Indonesia.

Skuat Merah Putih yang berjuluk Elang Muda Asia, dibawah penanganan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam hal ini Deputi Pembudayaan Olahraga, bermaterikan seleksi dari Kejurnas PPLP/PPLPD dan SKO yang telah berlangsung beberapa waktu lalu.

Tepat sebulan melakukan training camp di Jagorawi yang sekaligus sebagai ajang seleksi para pemain, akhirnya tim kepelatihan memilih 20 orang dari 29 pemain yang mengikuti seleksi, sehingga pada Jumat (1/11/2019) malam, Bambang Warsito selaku pelatih kepala pun akhrinya mengerucutkan para pemain yang akan diboyongnya ke Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk melanjutkan pemusatan latihan serta penyesuaian lokasi pertandingan jelang perh.elatan.

Diantara 20 pemain tersebut terdapat dua pemain asal Maluku yaitu Asdi Ohorella dan Ikwan Ali Tanamal.

Kendati sama-sama berasal dari kampong bola Tulehu, namun Asdi Ohorella saat ini tercatat sebagai siswa SKO Ragunan Jakarta, sedangkan Ikwan Ali Tanamal tergabung Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Kabupaten Bogor.

"Kami memulangkan sembilan pemain yang dinilai tidak termasuk dalam kriteria kita," ujar Bambang.

Ketika ditanya apa kriteria yang diinginkan oleh tim kepelatihan, juru taktik yang akrab disapa Bambang Ito itu mengatakan pemain yang dipilihnya adalah mereka yang mampu bermain secara tim, bahkan pelatih yang membawa tim Merah Putih berstatus sebagai runner-up diajang yang sama dalam dua edisi terakhirnya mengatakan pemain yang dipulangkan lantaran juga kurang bisa memahami skema bermain yang diinstruksikan oleh pelatih.

"Semuanya kita beri kesempatan yang sama untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka saat latihan maupun uji coba. Yang dipulangkan itu kalah akan teknis permainan dan mental bertanding karena mungkin minimnya jam terbang, di mana penilaian kami lakukan saat ujicoba. Kalau sklil antara yang dipilih dan yang dipulangkan hanya berbeda tipis, namun mereka gagal menghuni skuat ini karena kurang bisa bermain secara tim," ungkap Bambang Ito.

Dua pekan jelang perhelatan akan diisi untuk pemantapan tim sehingga chemistry para pemainnya lebih terbangun. "Dalam sisa waktu yang ada kita akan terus melanjutkan program pelatihan, salahsatunya adalah meningkatkan kerja sama tim melalui tiga kali uji coba di Balikpapan, disamping beradaptasi dengan lingkungan tempat berlangsungnya turnamen," paparnya.

Berikut 20 Nama Skuat Elang Muda Asia:

Kiper: Sabda Yoga Bhuana Putra, Hendrikus Rani Kumi

Belakang: M Zein Manilet, Wenvi Adhana, Nicolas Saputra, Baghas Arga Syachputra, Fatur Adam Setiawan, Sandi Kusumah, Frame Fadilah Nur Rahman.

Tengah: Asdi Ohorella, Jason Aranditjandi, Muhamad Reza Al Fariz, Fernando Ahmad Fauzan, Ikwan Ali Tanamal, Sulistianto, Luthfi Elhakim Saragih, Chris Robert Rumbiak,

Striker: Ahmad Athallah Araihan, Rizky Armando, Rabbani Tasnim Siddiq.

(MT-02)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!