oleh

PKK Kota Ambon Juarai Festival Pangan Lokal Tingkat Nasional

KENDARI – Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Ambon menorehkan prestasi pada ajang Festival Pangan Lokal (FPL) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional yang berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/11/2019).

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Ambon, Johnny Tupan mengatakan, TP-PKK Kota Ambon yang menjadi perwakilan Provinsi Maluku diikutsertakan dalam FPL B2SA Tingkat Nasional 2019 pada Cluster Sagu dan berhasil keluar sebagai juara pertama pada kategori lunchbox B2SA dan juara 3 untuk kategori pangan olahan komersial.

“Sesuai pedoman umum FPL B2SA tahun 2019, Provinsi Maluku dalam hal ini diwakili oleh TP-PKK Kota Ambon berkolaborasi dengan Bidang Ketahanan Pangan DPKP Kota Ambon telah berproses selama kurang lebih 7 bulan secara berjenjang. Sebelumnya TP-PKK Kota Ambon menjadi pemenang FPL B2SA Tingkat Provinsi yang diselenggarakan beberapa waktu lalu,” katanya.

JUARA – Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Murad Ismail menerima piala juara pertama kategori lunchbox Festival Pangan Lokal (FPL) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional yang berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/11/2019). Provinsi Maluku yang diwakili PKK Kota Ambon meraih juara pertama pada kategori lunchbox B2SA dan juara 3 untuk kategori pangan olahan komersial.

Menurutnya, TP-PKK Provinsi Maluku dengan menu paket lunchbox ‘Satukan Rasa’ yang terdiri dari Ketupat sagu, urap telor, ikan kuah kuning dan sirsak pepaya keluar sebagai juara pertama dengan total nilai rata-rata 82,19 disusul juara kedua dari TP-PKK Kabupaten Natuna Provinsi Riau (81,54) dan juara ketiga ditempati oleh TP-PKK Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tengah (80,11).

Untuk menu komersil, Provinsi Maluku menghadirkan menu Sarut Kenari, Bagia Kenari dan Halua Kenari.

“Ini prestasi yang luar biasa, dan harus diberi apresiasi. Kerja keras yang dilakukan selama 7 bulan terakhir berbuah manis bagi Provinsi Maluku dan terlebih khusus bagi Kota Ambon,” ungkapnya.

JUARA – Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Murad Ismail (ketiga dari kiri) didampingi Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Habiba Pelu (kiri) dan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Ambon, Johnny Tupan (kanan) bersama TP-PKK Kota Ambon yang menorehkan prestasi pada ajang Festival Pangan Lokal (FPL) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional yang berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/11/2019). PKK Kota Ambon meraih juara pertama pada kategori lunchbox B2SA dan juara 3 untuk kategori pangan olahan komersial.

Sementara itu, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy memberikan apresiasi atas prestasi dari TP-PKK Provinsi Maluku yang diwakili oleh TP-PKK Kota Ambon.

“Selamat dan sukses atas prestasi yang diraih TP-PKK Kota Ambon yang mewakili Provinsi Maluku dalam Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Nasional tahun 2019,” kata Wali Kota.

Tak lupa Walikota Ambon juga mengucapkan terima kasih atas atensi dan pembinaan yang diberikan Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail kepada TP-PKK Kota Ambon selama ini.

FPL B2SA yang berlangsung di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia. (MT-05)

Komentar

News Feed