Sekilas Info

Pecatur Maluku Raih Poin di Babak 1 Pra PON Zona Timur

AMBON – Para pecatur Maluku meraih poin di babak 1 Pra PON Catur Zona Timur yang berlangsung di Hotel Grand Madani, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (6/11/2019).

Pecatur Maluku, Master Nasional (MN) M Ishak Rianjar di babak 1 berhasil menang atas Seprianto (Papua Barat).

Nantinya di babak 2 yang akan berlangsung Kamis (7/11/2019), Ishak Rianjar akan menghadapi MN Miftahurrahman (Nusa Tenggara Barat) yang pada babak 1 menang atas Frengky F Lakabela (Nusa Tenggara Timur). Satu pecatur lainnya MN M Zaid Al Haddad (Maluku Utara) memperoleh bye.

Ishak Rianjar yang pada Kejurnas Catur ke-48 di Ambon pekan lalu berhasil menempati peringkat 7 dari 70 peserta di kategori terbuka diprediksi akan bermain alot dengan MN Miftahurrahman (Nusa Tenggara Barat).

Hingga babak 1 berakhir,  Ishak Rianjar masih menempati peringkat 1 dengan mengantongi 1 poin. Ia sama-sama mengantongi 1 poin dengan Miftahurrahman (Nusa Tenggara Barat). Sementara Seprianto (Papua Barat), Frengky F Lakabela (Nusa Tenggara Timur) dan M Zaid Al Haddad (Maluku Utara) belum memperoleh poin.

Sementara di kategori beregu, tim catur Maluku menang atas Papua Barat 3,5 – 0,5. Tiga pecatur Maluku Amrin Ali, Andre Pattirane dan Yusuf Burita berhasil mengalahkan lawannya. Sementara MN Raymond Leihitu ditahan remis oleh Indra Ajiarta.

Amrin Ali menang atas Salim, Andre Pattirane menang atas Ahmad Buir dan Yusuf Burita menang atas Rimson Nababan.

Tim Maluku dan Nusa Tenggara Barat saat ini menempati peringkat atas karena sama-sama mengantongi 3,5 poin. Nusa Tenggara Barat sebelumnya menang 3,5 – 0.5 atas Nusa Tenggara Timur. Sementara Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur samapsama memgantongi 0,5 poin.

Sesuai jadwal, hari ini Kamis (7/11/2019), tim Maluku tak bertanding. Sementara tim Nusa Tenggara Timur menghadapi Papua Barat dan Nusa Tenggara Barat bertemu Maluku Utara.

Sebanyak 25 pecatur  putra utusan dari lima provinsi di Kawasan Timur Indonesia, yaitu NTT, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat serta NTB sebagai tuan rumah  mengikuti kegiatan Pra PON.

“Dalam kejuaraan ini masing-masing provinsi mengirim lima orang wakilnya. Satu pecatur akan bertanding di nomor perorangan. Sedangkan empat pecatur lainnya akan mengikuti pertandingan di nomor beregu tanpa cadangan,” ungkap Manager Tim Catur Maluku, Mustafa Kamal kepada malukuterkini.com, Kamis (7/11/2019).

Dikatakan, pecatur dan tim yang menjadi juara akan langsung ke PON XX/2020-Papua. “Sedangkan yang berada di peringkat kedua dan ketiga masih memiliki peluang lolos ke PON  melalui play off yang akan berlangsung di Provinsi Sumatera Utara akhir November mendatang,”  katanya. (MT-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!