oleh

Leo Simatupang Jadi Kapolresta Ambon

-Keamanan-817 views

AMBON – Kapolri Jenderal Idham Azis memutasi sejumlah perwira Polri. Salah satunya AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang dipercayakan sebagai Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Penugasan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3019/XI/KEP./2019 tertanggal 8 November 2019, yang ditandatangani oleh Asisten SDM, Irjen Pol Eko Hendra Heri.

AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang saat ini menjabat Kepala Sub Bagian Perencanaan Program (Kasubbagrenprog) Bagian Penilaian Kompetensi Biro Pembinaan Karier (Binkar) SSDM Polri.

Ia menggantikan AKBP Sutrisno Hady Santoso yang akan menempati pos baru sebagai Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara.

Mutasi ini juga dilakukan menjelang peresmian naiknya tipe satuan dari Polres menjadi Polresta, sehingga pangkat Simatupang nantinya bakal naik menjadi Kombes.

Kapolres Ambon, AKBP Sutrisno Hady Santoso saat dikonfirmasi terkait mutasi ini mutasi ini membenarkannya, namun ia tak banyak berkomentar. “Benar. Terima kasih banyak,” singkat Sutrisno dalam pesan lewat aplikasi Whatsapp-nya.

Simatupang bukan orang baru di Provinsi Maluku. Ia pernah menjadi Kapolres Buru pada tahun 2016 – 2017 lalu.

Saat memimpin Polres Buru, Simatupang tercatat membuat inovasi baru. Ia bersama jajaran yang berhasil memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Informasi dengan menciptakan inovasi baru.

Adapun inovasi baru yang berhasil diciptakan  berupa “Posko Mobile” (sarana komonikasi) yang terkoneksi dengan Polda Maluku dan Mabes Polri, yang dilengkapi dengan website Polres Pulau Buru guna memberikan akses keterbukaan informasi tentang Polres pulau Buru dan jajaran di bidang pelayanan masyarakat melalui alamat website  http://maluku.polri.go.id/buru, serta SMS Gateway Polres Pulau Buru yang dimanfaatkan untuk penyampaian himbauan Kamtibmas dari Polisi ke masyarakat serta sebagai sarana pengaduan interaktif antara masyarakat dan Polisi guna terwujudnya Pelayanan Prima Kepolisian.

Selain itu juga inovasi yang berhasil diciptakan berupa Posko Mobile Polres Pulau Buru, dalam bentuk Bus Posko Mobile yang memiliki fungsi yang sama sebagaimana layaknya Posko Statis di Polres yaitu sebagai pusat K3I ( Kodal, koordinasi, Komunikasi dan Informasi) yang dilengkapi dengan fasilitas ruang rapat, panel data Promoter, panel data operasi, TV monitor, internet dan Video Conference yang terkoneksi dengan Polda Maluku dan Mabes Polri.

Disamping itu Radio komunikasi berbasis Android serta aplikasi pelayanan publik Kepolisian berbasis Android (Yanmas P2B) juga melengkapi fasilitas yang terdapat dalam Posko Mobile tersebut, sehingga mempermudah pelayanan kepada masyarakat terutama dalam pengurusan surat kehilangan, laporan kejadian, SKCK, SIM dan bantuan lainnya. (MT-04)

Komentar

News Feed