oleh

Pendaftaran CPNS Kemenkeu Dibuka 13 November

AMBON – Dipastikan Senin (11/11/2019) besok akan mulai dibuka pendaftaran lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun tidak semua kementerian akan membuka pendaftaran secara bersamaan.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, misalnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang akan melaksanakannya pada 13 November.

“Kemenkeu rencananya meminta diumumkan tanggal 13 November karena akan dipresentasikan ke pimpinan dahulu,” kata dia kepada wartawan di Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Berikutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang kembali digabung dengan Pendidikan Dikti (Dikti) ikut mempengaruhi proses dibukanya pendaftaran. Pasalnya, saat penyusunan formasi belum berlaku perubahan nomenklatur tersebut.

Dikatakan, untuk formasi Dikbud akan dibuka sesuai waktunya. Namun untuk Dikti belum selesai melakukan penyesuaian pasca kembali bersatu dengan Kemendikbud.

“Sebagian kecil belum akan diumumkan. Dikti belum selesai (merger organisasi) tapi Dikbud akan diumumkan,” katanya.

Seperti diketahui jumlah lowongan yang dibuka mencapai 197.117 formasi. Dari jumlah formasi itu dibuka dengan rincian instansi pusat 37.854 formasi (74 kementerian dan lembaga) dan instansi daerah 159.257 formasi (467 Pemda).

Ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus sendiri terdiri dari peserta cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat. (MT-06)

Komentar

News Feed