Sekilas Info

Gempa Bumi Tektonik M 5,1 Guncang Ambon

AMBON – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 5,1 mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Selasa (12/11/2019) pukul 19.10 WIT.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki  parameter update dengan magnitudo  M=5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.49 LS dan 128.35 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 km arah Timur Laut Kota Ambon, Maluku pada kedalaman 10 km,” jelas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya yang diterima malukuterkini.com, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strike Slip),” ungkapnya.

Dikatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Ambon dan Kairatu IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Liang III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.  Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya

Ia menambahkan, hingga Selasa (12/11/2019), pukul 19.59  WIT, Hasil analisis BMKG, gempa bumi ini masih merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempabumi susulan yang terjadi di Ambon.

“Sejak tanggal 26 September 2019 telah tercatat aktivitas gempa bumi susulan sebanyak 2.140 kejadian,” ungkapnya. (MT-02)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!