Sekilas Info

Gempa Bumi Tektonik M 4.4 Guncang Pulau Nusalaut

AMBON – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 4,4 mengguncang wilayah Pulau Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah dan sekitarnya, Senin (25/11/2019) pukul 11.31 WIT.

“Hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=4.4. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.65 LS dan 128.74 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 5 km Baratlaut Nusalaut pada kedalaman 10 km,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi dalam keterangan tertulisnya yang diterima malukuterkini.com, Senin (25/11/2019).

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.

“Dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Nusalaut IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi), Saparua III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Ambon dan Masohi II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh banyak orang,” rincinya.

Hingga saat ini, katanya, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 13:00 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukan terjadi aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 2 kali,’ katanya

Kepada masyarakat, Sunardi menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ujarnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!