Sekilas Info

Tinjau Stasiun Geofisika Ambon, Kepala BMKG Minta Optimalkan Layanan Data

TINJAU STASIUN GEOFISIKA - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meninjau Stasiun Geofisika Ambon yang terletak di kawasan Karang Panjang, Ambon, Maluku, Selasa (10/12/2019) malam.

AMBON - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati tak hanya meninjau kesiapan shelter pemantauan gempa bumi yang terletak di Desa Tawiri, Ambon, Maluku, namun juga meninjau Stasiun Geofisika Ambon yang terletak di kawasan Karang Panjang, Ambon, Selasa (10/12/2019).

Pengecekan dilakukan secara detail didampingi Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV – Makassar Dharmawan, Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi,  Kepala Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon Ot Oral Sem Wilar, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Azhar dan Kepala Stasiun Klimatologi Seram Bagian Barat Bernadus Daniel serta Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Ambon Andi Azhar Rusdin.

Dwikorita pun terlihat bertanya kepada Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi maupun staf lainnya terkait perkembangan gempa terkini sebagaimana yang terpantau pada sejumlah layar monitor yang ada di kantor tersebut.

TINJAU STASIUN GEOFISIKA - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meninjau Stasiun Geofisika Ambon yang terletak di kawasan Karang Panjang, Ambon, Maluku, Selasa (10/12/2019) malam.

Ia pun meminta staf Stasiun Geofisika Ambon untuk bekerja mengoptimalkan seluruh perangkat yang dimiliki guna menyajikan data ke publik.

“Kedepan kita akan memasuki momentum Natal dan Tahun Baru, sehingga masyarakat juga membutuhkan layanan data dari BMKG sehingga para staf yang ada disini harus cepat dan tepat memberikan pelayanan tersebut,” ungkapnya.

Sebelumnya, Karnawati meninjau kesiapan shelter pemantauan gempa bumi yang terletak di Desa Tawiri, Ambon, Maluku, Selasa (10/12/2019) siang.

TINJAU STASIUN GEOFISIKA - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (duduk) meninjau Stasiun Geofisika Ambon yang terletak di kawasan Karang Panjang, Ambon, Maluku, Selasa (10/12/2019) malam.

Kunjungan ke shelter tersebut, merupakan agenda pertama kunjungan Dwikorita setelah tiba di Bandara Pattimura Ambon.

Kunjungan tersebut untuk memastikan bangunan sesuai dengan standar gedung sensor gempa bumi.

Shelter pemantauan gempa bumi yang terletak di Desa Tawiri, merupakan salah satu diantara 8 shelter yang dibangun di Provinsi Maluku pada tahun 2019. Tujuh shelter yang lain terletak di Namrole (Kabupaten Buru Selatan), Kecamatan Siritaun Wida Timur (Kabupaten Seram Bagian Timur), Langgur (Kabupaten Maluku Tenggara), Kecamatan Kormomolin (Kabupaten Kepulauan Tanimbar), Dobo (Kabupaten Kepulauan Aru) serta Desa Olong dan Kobi Seram Utara (Kabupaten Maluku Tengah). Sebelumnya sudah ada 9 shelter pemantau gempa bumi di Maluku.  (MT-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!