oleh

3 Personel Polda Maluku Diciduk Saat Pesta Sabu di Asrama Ditsabhara

AMBON – Tiga oknum personel Polda Maluku diciduk lantaran pesta narkoba, Minggu (12/1/2020).

Ketiganya diciduk Anggota Satreskrim Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease saat pesta narkoba di kawasan Asrama Direktorat Sabhara Polda Maluku, Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Mereka yang diciduk masing masing Bripka Ilham Lembang alias Ilo, Brigpol Eivander alias Evan dan Brigpol Afrizal  Masawoi alias Af.

Tak hanya tiga oknum tersebut,  Polisi juga mengamankan dua warga sipil yang masing masing adalah Semy Uneputty alias Semy,  warga Gang da Dilva dan  Herlina alias Lina warga kawasanTantui.

Terungkapnya keterlibatan personel polda ini setelah personel Satuan Narkotika Polresta Pulau Ambon membuntuti target operasi (TO) Semmy Uneputty yang menuju Desa Tulehu untuk  membeli narkotika jenis sabu-sabu di Desa Kailolo pada Minggu (12/1/2020) sekitar pukul 19.00 WIT.

Sumber malukuterkini.com menyebutkan setelah memperoleh informasi tersebut anggota langsung disiagakan di Desa Tulehu untuk menunggu Uneputty kembali. Beberapa jam menunggu barulah Uneputty muncul dan melintas menggunakan sepeda motor dengan kecepatan tinggi menuju ke arah Kota Ambon.

Saat itu Uneputty menggunakan sepeda motor Yamaha MX King warna hitam putih dengan nomor polisi DE 2407 LY. Personel polisi membuntuti Uneputty yang melaju dengan kecepatan tinggi ke arah Kota Ambon.

Beberapa lama setelah dibuntuti, polisi melihat Uneputty masuk ke kompleks asrama Ditsabhara Polda Maluku langsung menuju ke kamar Bripka Ilham. Saat bersamaan personel Satrenarkoba Polresta langsung berkoordinasi dengan Danton III Dit Samapta Ipda M Iqbalul Fikri serta Kepala Seksi Propam Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Yabes Payung agar bersama-sama melakukan penggeledahan.

Sejumlah personel Satuan Narkotika Polresta Pulau Ambon masuk ke kamar Bripka Ilham dan menemukan lima orang tersebut sedang berada di dalam kamar. Kelimanya mengakui baru selesai mengkonsumsi sabu.

Anggota langsung mengamankan barang bukti antara lain satu set alat hisap sabu (bong), tiga plastik bening ukuran kecil, satu buah korek api gas serta lima unit handphone. Sementara satu paket sabu ditemukan di atas meja kantin yang letaknya berada disamping asrama. Paket sabu ini kemudian diketahui diletakan oleh Brigpol Eivander.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M Roem Ohoirat yang dikonfirmasi malukuterkini.com, Senin (13/1/2020) membenarkan adanya penangkapan di Asrama Sabhara Polda Maluku.

“Itu (tadi malam) sudah dilakukan penangkapan oleh Satresnarkoba Polresta Ambon kemudian juga dibantu oleh Danton Sabhara. Benar ada tiga orang anggota yang ada disitu, mereka saat ini sementara diamankan di proses di Polresta. Mereka sedang diproses,” akui kabid.

Menurutnya, tindakan tegas terhadap anggota polisi yang bersalah merupakan salah satu apresiasi atau bentuk penghargaan terhadap ribuan anggota yang masih berkelakuan baik.

Saat ini, tiga anggota Ditsabhara Polda Maluku bersama dua warga sipil masih berada di Satresnarkoba Polresta. Mereka masih terus diperiksa intensif sambil menunggu penetapan status oleh penyidik.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang maupun Kasubbag Humas Polres Iptu Julkisno Kaisupy hingga kini belum memberikan keterangan resmi menyangkut penangkapan tersebut. (MT-04)

Komentar

News Feed