oleh

Gol Stefano Lilipaly & Sidik Saimima Loloskan Bali United di Liga Champions Asia

-Olahraga-356 views

AMBON – Juara Liga 1 2019, Bali United, sukses dalam langkah pertama menuju babak utama Liga Champions Asia 2020.

Tampil di babak kualifikasi I Liga Champions Asia, Selasa (14/1/2020) di Stadion Jalan Besar, Singapura, Bali United menghantam Tampines Rovers 5-3.

Bali United sudah unggul 2-0 saat pertandingan belum genap berjalan 15 menit lewat gol-gol Melvin Platje pada menit ke-8 dan 13.

Tampines Rovers kemudian membalikkan skor menjadi 3-2 berkat sumbangan gol Boris Kopitovic (43′), Jordan Webb (53′), dan bunuh diri Rahmat Syamsuddin (67′).

Rahmat menebus kesalahannya dengan mencetak gol pada menit ke-82 untuk memaksa pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu, gol-gol Stefano Lilipaly (100′) dan Sidik Saimima (115′) memastikan kemenangan Bali United.

Kemenangan 5-3 atas Tampines Rovers membawa Bali United lolos ke babak kualifikasi II.

Pada babak itu, Serdadu Tridatu akan menghadapi klub Australia, Melbourne Victory, di AAMI Park, Melbourne, pada 21 Januari mendatang.

Pertandingan babak kualifikasi II memakai format yang sama seperti kualifikasi I. Pertandingan hanya dilangsungkan sekali. Jika skor imbang setelah 90 menit, laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Apabila belum ada pemenang setelah 120 menit, akan dilakukan adu tendangan penalti.

Babak kualifikasi II Liga Champions Asia bisa dibilang akhir-akhir ini menjadi babak tabu buat klub Liga Indonesia.

Sudah sejak tahun 2013 tidak ada klub Liga Indonesia yang mampu melangkah lebih jauh dari babak kualifikasi II Liga Champions Asia. Pada 2013 dan 2014, Indonesia tidak mengirimkan wakil.

Di edisi 2015, Persib Bandung kalah 0-4 dari Hanoi T&T (Vietnam) di babak kualifikasi II. Pada 2016 dan 2017, kembali Indonesia tidak punya utusan di Liga Champions Asia.

Bali United sendiri sudah pernah merasakan tersingkir di babak kualifikasi II pada tahun 2018. Waktu itu Serdadu Tridatu kalah 1-2 dari Chiangrai United (Thailand).

Tahun lalu giliran Persija Jakarta yang takluk di kualifikasi II dengan skor 1-3 dari wakil Australia, Newcastle Jets.

Apabila lolos dari babak kualifikasi II, Bali United akan tampil di babak play-off melawan jagoan Jepang, Kashima Antlers, pada 28 Januari.

Bali United baru akan menjejak babak utama Liga Champions Asia 2020 jika bisa mengalahkan Kashima Antlers.

Klub Indonesia terakhir yang mampu mencapai fase grup Liga Champions Asia adalah Arema pada tahun 2011. (MT-06)

Komentar

News Feed