oleh

Pilkada 2020, Panglima TNI dan Kapolri Instruksi Prajurit Netral

-Keamanan-459 views

AMBON – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memberikan pengarahan kepada 2.900 personel TNI-Polri di wilayah Maluku yang dipusatkan di Lapangan Apel Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Jumat (17/1/2020).

Dalam pengarahannya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan beberapa tantangan berat yang akan dihadapi TNI dan Polri di tahun 2020, salah satunya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ia menegaskan prajurit TNI dan Polri harus netral dalam pelaksanaan pilkada serentak tersebut.

“Tahun 2020 kita akan menghadapi event nasional yaitu pilkada serentak. Apa yang disampaikan bapak Kapolri bahwa kita tetap konsisten, TNI Polri netral dalam kegiatan ini,” tandasnya.

Ia mengimbau agar TNI dan Polri bersatu dalam menjaga stabilitas keamanan agar masyarakat dapat melakukan pemilu secara aman.

“Kita harus sukseskan kegiatan demokrasi tersebut dan TNI Polri akan bersatu padu akan menggelar kekuatan menjamin kemanan dan kita buat rakyat tenang dalam melakukan hak demokrasinya,” ungkapnya.

Panglima TNI mengatakan selain pilkada, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020-Papua merupakan salah satu agenda besar nasional di tahun 2020. Dia ingin keamanan PON 2020 bisa sukses dilakukan.

“Disamping kita melaksanakan Pilkada serentak 2020. Kita juga akan mengamankan event nasional PON 2020 yang akan diaksanakan di wilayah Papua. Tugas kita adalah mengamanakan suksesnya penyelenggaran PON 2020,” katanya.

Ia juga meminta seluruh personel TNI dan Polri untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi musim penghujan tahun 2020.

“Prediksi dari BMKG, 2020 akan terjadi hujan yang begitu berat, hujan lebat khsusunya di wilayah Timur berdasarkan dari ramalan. Oleh sebab itu TNI Polri harus mengantisipasi adanya banjir dan tanah longsor akibat dari curah hujan yang sangat tinggi itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis juga menegaskan personel TNI maupun Polri harus pegang teguh netralitas saat perhelatan pilkada serentak 2020.

“Jangan ke kiri atau ke kanan, supaya pelaksanaan pilkada aman dan lancer,” tandasnya.

Panglima TNI dan Kapolri turut didampingi oleh Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono Putra, Panglima Armada III Laksda ING Ariawan, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Aslog Kasau Marsda TNI Abdul Wahab, Waasrenum Panglima TNI Marsma TNI Purwoko Aji, Asops Kapolri Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Asrena Polri Irjen Pol Hendro Sugiatno, Kadivpropam Polri Irjen Pol Ignasius Sigit W, Karopenmas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono dan Koorspripim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo. (MT-03)

 

Komentar

News Feed