Sekilas Info

Kemenag Mulai Rekrut Petugas Haji Provinsi Maluku Tahun 2020

Ilustrasi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji

AMBON - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, mulai membuka proses perekrutan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi tahun 1441 H / 2020 M.

Rangkaian rekrutmen diketahui setelah pihak Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, mengikuti rapat teknis dan orientasi petugas siskohat tahun 2020.

“Proses seleksi PPIH di Maluku ini, akan dilakukan secara bertahap,” ungkap Kepala Bidang Penyeleggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H Yamin, Rabu (22/1/2020).

Menurutnya, proses perekrutan dibagi dalam beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi admisntrasi dan seleksi wawancara yang akan dilakukan di tingkat kabupaten kota maupun tingkat provinsi.

“Hasil dari seleksi di tingkat kabupaten kota akan dilanjutkan pada tingkat Provinsi Maluku. Peserta yang berhasil melalui seleksi di tingkat provinsi akan dipercayakan untuk menjadi patugas haji Provinsi Maluku. Jadi seluruh kabupaten/kota di Maluku melalui Kantor Kemenag di masing-masing wilayah akan membuka seleksi PPHI yang dilalui sesuai tahapan," ungkapnya.

Dijelaskan, ada beberapa jenis tugas yaitu untuk PPIH Kloter meliputi pembimbing ibadah, ketua kloter. Sementara untuk tim kesehatan yang proses seleksinya akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

"Kemenag akan melakukan seleksi pembimbing ibadah, dan ketua kloter  serta Petugas Haji Daerah (PHD). Khusus untuk tenaga medis atau petugas kesehatan seleksinya dilakukan oleh Dinas Kesehatan," jelasnya

Nantinya, peserta yang lulus seleksi administrasi di tingkat kabupaten/kota akan diumumkan pada 31 Januari 2020. Mereka selanjutnya akan mengikuti tes kompetensi tingkat pertama di kabupaten/kota pada 4 Februari 2020.

Peserta yang lolos seleksi di kabupaten/kota, berhak mengikuti seleksi di tingkat Kanwil yang akan dilakukan pada 13 Februari 2020. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!