oleh

Warga Tionghoa di Ambon Rayakan Imlek 2571

-Seni Budaya-369 views

AMBON – Ratusan warga keturunan Tionghoa yang ada di Kota Ambon merayakan Tahun Baru Imlek 2571, Jumat (24/1/2020) malam.

Perayaan kali ini berlangsung dalam kebersamaan dan kekeluargaan dipusatkan di Buddha Center yang terletak di kawasan Gunung Nona – Ambon.

Dalam perayaan itu, diramaikan dengan atraksi Barongsai dari sanggar Quan Shi Lion Sport Ambon.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno dalam sambutannya mengatakan, Maluku sejak dulu merupakan daerah yang multi budaya. Perjumpaan antar bangsa dan suku bangsa membentuk jadi diri masyarakat Maluku yang berbhineka tunggal ika.

“Semoga melalui perayaan Imlek berbagai tradisi dan adat istiadat dirawat dan dikembangkan termasuk aneka kuliner dapat dinikmati bersama-sama. Tak kalah penting suasana kekeluargaan dan kebersamaan makin terus dikokohkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Maluku Wilhelmus Jauwerissa dalam sambutannya mengatakan, Imlek bukan lagi milik etnis Tionghoa semata tetapi Imlek telah menjadi aset budaya masyarakat Indonesia.

“Bagi kami bukan siapa atau organisasi mana yang memprakarsai perayaan tahun baru Imlek tersebut tetapi tujuan perayaan Imlek merupakan faktor utama. Saya berharap semua menjadikan momentum Imlek ini bukan saja sebagai aset budaya Indonesia tetapi lebih dari itu melalui Imlek kita bisa jadikan sebagai salah satu media untuk mempersatukan kita semua sebagai anak bangsa khusus bagi kami anak-anak Maluku,” ungkapnya. (MT-04)

Komentar

News Feed