Sekilas Info

Antisipasi Virus Corona, Bandara Pattimura Pasang ‘Thermal Scanner’

Ilustrasi 'Thermal Scanner'

AMBON - PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Pattimura Ambon telah memasang alat thermal scanner, mendeteksi suhu tubuh penumpang guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Kita telah berkoordinasi dengan instansi terkait yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dengan tujuan mengantisipasi pencegahan penularan virus Corona, bagi penumpang yang masuk melalui pintu kedatangan. Kita juga telah telah memasang alat thermal scanner," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Amiruddin Florensius, dalam keterangan tertulisnya yang diterima malukuterkini.com, Senin (27/1/2020).

Ia menjelaskan, langkah antisipasi virus corona dilakukan kepada penumpang domestik, sebab Bandara Pattimura sendiri hingga saat ini belum ada penerbangan internasional berjadwal dari dan ke Ambon.

"Kita antisipasi nanti penumpang Bali dan Manado, karena sejauh ini belum ada penerbangan internasional," jelasnya.

Menurutnya, mekanisme pemeriksaan alat pendeteksi suhu tubuh  penumpang, dimana penumpang yang melewati alat tersebut jika terdeteksi suhu di atas 38 derajat celcius, maka penumpang akan dibawa ke ruang isolasi KKP.

"Jadi penumpang langsung dibawa ke ruang isolasi KKP Bandara Pattimura, setelah dilakukan pemeriksaan dan jika penumpang terdeteksi virus Corona maka akan dirujuk ke RSUD Haulussy," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pemeriksaan, bukan hanya untuk pesawat domestik, tetapi juga pesawat carter  dari luar negeri, dengan melakukan pemeriksaan didalam pesawat. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!