oleh

Hutan Seluas 6 Hektar di Leihitu Ludes Terbakar

-Kebakaran-407 views

AMBON – Hutan di Dusun Wanat, Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) seluas 6 hektar ludes dilalap api.

Kejadian yang terjadi  Senin ( 27/1/2020) sekitar pukul 14.00 WIT tiga kawasan yaitu Hutan Kuali, Hutan Tengah dan Hutan Waisani.

“Kebakaran Hutan dan Lahan terjadi dengan cepat. Lahan dan hutan milik beberapa warga Dusun Wanat dan warga Negeri Hitu itu berjarak 2 km dari pemukiman warga,” ungkap Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Iptu Julkisno Kaisupy di Ambon, Senin (27/1/2019).

Dijelaskan, sesuai keterangan dari sejumlahw warga, terungkap warga sudah berupaya memadamkan api tetapi karena nyala makin membesar dan banyak kepulan asap yang mengganggu penglihatan, sehingga sulit dipadamkan.

“Warga pun berupaya mencari sumber air untuk memadamkan api yang terus menyebar. Barulah sekitar pukul 16.50 WIT, warga masyarakat menghubungi Polsek Leihitu untuk memberitahukan informasi kebakaran tersebut. Wakapolsek beserta personil dan masyarakat segera memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya,” jelas Kaisupy.

Akibat kejadian tersebut, katanya,  kerugian materil puluhan tanaman cengkih, pala, durian dan nanas hangus terbakar.

“Penyebab kebakaran masih belum dapat dipastikan hal itu disebabkan karena belum ada saksi yang mengaku melihat secara langsung. Sampai dengan saat ini tidak ditemukan korban jiwa. Lokasi kejadian berada jauh dari pemukiman warga,” katanya. (MT-04)

Komentar

News Feed