Sekilas Info

Baharuddin Djafar Resmi Jabat Kapolda Maluku

PELANTIKAN - Kapolri Jenderal Idham Azis melantik sejumlah Kapolda termasuk diantaranya Kapolda Maluku Brigjen Pol Baharudin Djafar di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (11/2/2020) pagi. Brigjen Pol Baharudin Djafar menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa yang dimutasikan sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

AMBON – Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Brigjen Pol Baharuddin Djafar sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa yang dimutasikan sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

Brigjen Pol Baharuddin Djafar sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat. Pelantikan ini berdasarkan mutasi jabatan yang tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/385/II/KEP./2020, tertanggal 3 Februari yang ditandatangani atas nama Kepala Kepolisian, Asisten Sumber Daya Manusia Kepala Kepolisian Inspektur Jenderal Eko Indra Heri.

Proses pelantikan tersebut berlangsung di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (11/2/2020) pagi.

Tak hanya Kapolda Maluku, Kapolri juga melantik tujuh Perwira tinggi (Pati) polri lainnya .

Mereka yang dilantik masing-masing, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya Kapolda Sulawesi Utara. Ia menggantikan Irjen Didi Haryono yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.

Sementara itu Kapolda Sulawesi Barat dijabat Brigjen Eko Budi Sampurno. Kapolda Jambi dijabat Irjen Firman Shantyabudi yang sebelumnya bertugas di PPATKia menggantikan Irjen Muchlis yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Kapolda Aceh dipercayakan kepada Brigjen Wahyu Widada yang saat ini menjabat Kapolda Gorontalo. Ia menggantikan Irjen Rio Septianda Djambak yang diangkat sebagai Kasespim Lemdiklat Polri. Kapolda Gorontalo akan dijabat Brigjen Adnas yang saat ini Wakapolda Sulawesi Selatan.

Dalam acara sertijab itu, Kapolri memimpin langsung pengucapan sumpah jabatan yang diikuti langsung oleh para perwira tinggi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Idham menuntun sumpah jabatan. (MT-4)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!