oleh

Pemkot Ambon Dukung Pembangunan ‘Creative Hub’

AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mendukung penuh rencana Pemerintah Pusat untuk membangun creative hub di Maluku.

Sebagai ibu kota Provinsi, Pemkot Ambon akan menyiapkan berbagai kesiapan untuk pembangunan creative hub termasuk menyediakan lahan, sumberdaya manusia dan lainnya.

“Kota Ambon saat ini telah memiliki brand sebagai Kota musik dunia. Kami sangat mendukung penuh apa yang menjadi langkah dari pemerintah pusat, agar membangun generasi muda yang penuh dengan kreatif,” kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat acara Youth Creative Hub Programme in Mollucas, di Balai Kota Ambon, Jumat (14/2/2020).

Dikatakan, Provinsi Maluku kedepan harus dibangun dengan konsep kebudayaan, sehingga Kota Ambon sebagai pintu masuk Provinsi Maluku harus dapat menerapkan konsep budaya tersebut.

“Kenapa saya katakan budaya karena dengan budaya mempererat kita untuk menjalin hubungan persaudaraan, dan itu dapat diciptakan melalui musik,” katanya.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar dalam pemaparan konsep creative hub mengatakan, pemuda di Maluku memiliki kemampuan yang luar biasa.

Oleh karena itu, creative hub dapat mendorong pemuda untuk membangun kreatifitasnya.

“Kita akan melakukan roadshow di Maluku, untuk dapat merubah pola pikir anak muda Maluku, agar ketika mereka selesai sekolah tak perlu untuk jadi PNS tapi gunakan kreativitas mereka agar bisa menjadi penghasilan dalam kehidupan mereka,” kata Mambrasar.

Tak hanya itu, ia meminta kepada pemuda Maluku untuk bisa lebih kompak, sehingga bisa bersama dengan pemerintah membangun Maluku kedepan.

“Saya bukan staf khusus presiden untuk Papua, tapi saya ini staf khusus untuk Indonesia Timur, makanya itu saya akan fokus terhadap pembangunan di Indonesia Timur termasuk Maluku,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, berfokus pada penyediaan ruang bagi insan kreatif untuk berkarya dan berkegiatan, creative hub didefinisikan sebagai tempat penelitian dan pengembangan, belajar, dan membuat prototipe produk. Creative hub juga sering didefinisikan sebagai ruang fisik maupun virtual yang menggabungkan orang-orang dengan kewirausahaan di bidang industri kreatif maupun budaya. (MT-05)

Komentar

News Feed