oleh

BPBD Ambon Latih Masyarakat Siaga Bencana

-Bencana-161 views

AMBON – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menggelar pelatihan manajemen kelompok masyarakat siaga bencana, yang berlangsung di Manise Hotel, Ambon, Rabu (26/2/2020).

Dalam sambutan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy yang dibacakan Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru mengatakan, program flood management in selected river basin, merupakan program yang mendukung pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan mitigasi bencana banjir yang lebih baik.

“Tahun ini mengarah kepada perubahan paradigma dari kegiatan yang berorientasi pada proyek pengendalian banjir, yang meliputi cara-cara struktural menjadi orientasi proses pengelolaan banjir,”ungkapnya.

Dikatakan, pemerintah bersama-sama dengan masyarakat harus merubah paradigma, agar tahun depan tidak banjir lagi. Pasalnya, salah satu program ini untuk bisa menata sungai-sungai.

“Dahulu sungai lebar, sekarang menyempit, sehingga satu-satunya cara kita harus membuat agar bagian hulu sungai dan bagian muara sungai itu harus melihatnya dan tidak ada pinggang, sehing  waktu hujan tidak banjir,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa kelompok masyarakat harus dapat bersinergi dengan komunitas masyarakat siaga bencana.

“Pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat menjadi suatu pendekatan yang dianggap paling tepat untuk dilaksanakan. Masyarakat dalam mitigasi bencana banjir menjadi penting, dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir dan longsor,” jelasnya. (MT-05)

Komentar

News Feed