Sekilas Info

Gubernur Maluku Ikuti Musrenbangnas 2020 Secara Virtual

Gubernur Maluku, Murad Ismail

AMBON - Gubernur Maluku Murad Ismail mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 secara virtual yang dibuka Presiden Joko Widodo, Kamis (30/4/2020).

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan, semua jajaran bekerja keras dan cepat agar nantinya 2021 Indonesia sudah cepat pulih kembali.

Presiden Jokowi menyampaikan tiga hal penting dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah tahun 2021 yang berlangsung secara virtual.

"Baru saja tadi kita mengikuti Musrenbang 2020 melalui video conference yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dilanjutkan arahan Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Mendagri dan Kepala BNPB. Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh bapak pesiden dalam pengarahan tadi," jelas Gubernur kepada wartawan di kantor Gubernur usai mengikuti pembukaan Musrenbang tersebut, Kamis (30/4/2020).

Pertama, dalam menyikapi upaya penanganan pencegahan Covid-19 ini telah dilakukan relokasi dan refocusing anggaran secara besar-besaran yang difokuskan pada tiga hal yaitu keselamatan dan kesehatan, daya tahan ekonomi dan jaring pengaman sosial.

Kedua, belum ada kepastian kapan berakhir wabah covid-19 ini, sehingga hanya dengan disipilin, kecepatan dan ketepatan maka kita bisa melalui wabah ini dengan baik.

Ketiga,  skenario pembangunan disesuaikan dengan optimalisasi  penanganan Covid-19 dan mempersiapkan pembangunan dengan mendorong pengembangan industri dan sektor energi untuk ketahanan ekonomi.

Tak hanya itu, menurut Gubernur, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa juga menyampaikan kebijakan pembangunan nasional dan rencana kerja pemerintah tahun 2021 yaitu pemulihan di sektor industri dan pariwisata pasca Covid-19 dan melakukan perubahan terkait sistem kesehatan dengan memperhatikan ketahanan dan perlindungan nasional.

“Mendagri Tito Karnavian juga menyampaikan ada dua hal terkait sinkronisasi perencanaan daerah dalam mendukung prioritas pembangunan nasional yaitu pertama jika wabah ini belum berlalu maka seluruh kegiatan tetap difokuskan pada penanganan Covid-19. Kedua, jika wabah ini selesai maka yang difokuskan adalah pemulihan pasca Covid--19 dan melanjutkan visi misi Presiden mulai dari pembangunan SDM, infrastruktur, investasi, reformasi birokrasi dan pembinaan APBD, APBN harus difokuskan dan tepat sasaran,” ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!