Sekilas Info

120 Napi Lapas Ambon Terima Remisi

REMISI - Kepala Lapas Kelas II Ambon, Saiful Sahri (kiri) menyerahkan SK remisi kepada perwakilan napi penerima di aula Lapas Ambon, Minggu (24/5/2020).

AMBON - Perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah, membawa kebahagian tersendiri bagi sejumlah narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon.

Sebanyak 120 orang Napi Lapas Ambon memperoleh Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Surat Keputusan (SK) remisi yang diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri yang sebelumnya dibacakan oleh Kepala Sub Seksi Registrasi, Hendarina Mataheru.

Penyerahan Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 1441 H dirangkaikan dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri secara berjamaah bersama pegawai dan seluruh warga binaan bertempat di aula Lapas Ambon, Minggu (24/5/2020).

Kalapas Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri dalam keterangan tertulisnya kepada malukuterkini.com menjelaskan 120 napi yang menerima remisi ini mendapat pemotongan masa penahanan beda-beda.

"Napi yang memperoleh SK Remisi sebanyak 120 orang. Diantaranya napi narkoba 18 orang dan napi pidana umum 108 orang. Untuk besaran remisi masing-masing pemotongan masa tahanan 15 hari dua orang, 1 bulan (92 orang), 1 bulan 15 hari (13 orang) dan 2 bulan (3 orang)," jelas Kalapas.

Mantan kalapas Kelas IIB Piru ini mengatakan, saat ini jumlah penghuni Lapas Ambon sebanyak 330 orang. Napi beragama Islam sebanyak 179 orang yang terdiri dari yang berada di dalam Lapas 143 orang dan yang sedang menjalani asimilasi dirumah dan menjalani denda 36 orang.

“Untuk memperoleh remisi, napi harus memenuhi syarat substansi maupun syarat administrasi. Sedangkan bagi mereka yang tidak memenuhi kedua syarat tersebut baik termasuk dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 tahun 2012 maupun termasuk dalam register F atau pelanggaran hukuman disiplin tidak memperoleh remisi khusus hari raya kali ini,” katanya.

Sementara itu di Lapas Perempuan kelas III Ambon, tercatat sebanyak 8 napi wanita menerima remisi.

Penyerahan remisi dilakukan langsung oleh Kalapas Perempuan Ellen M Risakotta di Lapas Perempuan Ambon.  "Di Lapas Perempuan ada 8 napi yang terima remisi," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!