Sekilas Info

Cegah Covid-19, Kadinkes Maluku Ajak Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

AMBON - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Maluku Meikyal Pontoh mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan guna mecegah penyebaran Covid-19.

Pencegahan dilakukan dengan cara menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, physical distancing (menjaga jarak), rajin mencuci tangan dan menghindari menghindari keramaian saat melakukan aktivitas di luar rumah.

"Virus ini sangat- sangat berbahaya apabila kita sendiri tidak memproteksi diri atau tidak melakukan isolasi atau karantina kalau kita sudah terdeteksi positif Covid-19," kata Pontoh saat menyampaikan materi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Kinerja ASN Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku secara virtual, Kamis (2/7/2020).

Rakor ini diikuti Sekda Maluku Kasrul Selang, Kepala BKD Provinsi Maluku, Jasmono selaku moderator dan seluruh pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Dalam meteri dengan topik ‘Protokol Kesehatan di Tempat Kerja’, Pontoh mengajak ASN dan masyarakat lebih meningkatkan pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan mengingat Kota Ambon yang saat ini sudah dinyatakan zona merah.

"Apalagi kota Ambon yang sudah semakin meningkat kasus seperti ini, sehingga protokol kesehatan penting untuk melakukan pencegahan," ungkapnya.

Untuk pencegahan, kata Pontoh, sebenarnya sangat mudah dengan cara menjaga daya tahan tubuh guna meningkatkan imun tubuh.

"Menjaga imun tubuh itu sangat mudah apabila kita menciptakan suasana hati yang senang, pikiran yang senang sehingga tidak menimbulkan kecemasan-kecemasn disamping justru menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, Pontoh juga mengingatkan ketika beraktivitas di luar ada baiknya memakai baju lengan panjang dan celana panjang.

"Pakai alat pelindung diri dan bawa cadangannya. Alat pelindung diri ini seperti masker. Jika terpaksa menggunakan angkutan umum dan kendaraan lainnya jangam ngobrol,” pintanya.

"Kebiasaan ngobrol dalam angkutan umum saat pendemi ini harus ditinggalkan. Wajib membawa hand sanitizer," tandasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!