Sekilas Info

Kapolda Maluku Temui Komnas HAM Maluku, Ini Yang Dibahas

AMBON - Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar mendatangi Kantor Komnas HAM Perwakilan Maluku, Rabu (15/7/2020).

Didampingi Irwasda Polda Maluku, Direeskrimum dan Kabid Propam Polda Maluku, Kapolda mengatakan, di tengah pandemik Covid-19 ada hambatan dalam pelayan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada.

"Saya selama bertugas di Polda Maluku ini, banyak yang saya temui adalah persoalan antar kampung, masalah kekerasan dalam rumah tangga serta konflik pertikaian dan horizontal," katanya

Satu diantaranya, ungkap Kapolda, kasus yang terjadi di Pulau Seram dimana salah satunya yakni PT Nusa Ina.

"Kami dari Polda Maluku juga sudah menerima beberapa laporan dari permasalahan tersebut. Kami harapkan dari Komnas HAM juga harus melihat serta memantau hal ini. Kalau kita sudah duduk bersama seperti ini meyakini bahwa setiap persoalan yang terjadi di Maluku insya allah bisa kita selesaikan dengan baik," ungkapya.

Menyikapi pernyataan Kapolda tersebut, Ketua Komnas HAM Perwakilan Maluku Benediktus Sarkol menjelaskan dalam permasalahan di PT Nusa Ina, pihakya sudah pernah turun kesana.

“Kegiatan tinjauan ini sudah berlangsung dari tahun 2015 - 2017 dan kami turun kesana atas dasar laporan dari masyarakat setempat.  Saat kami turun, yang kami temui disana adalah penanaman kelapa sawit yang sudah melewati batas tanah tertentu, disini membuat gejolak dan akar dari sebuah permasalahan yang terjadi di sana," jelasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!