Sekilas Info

Arus Deras & Visibilitas Hambat Tim SAR Cari Warga Amerika

Kepala Kantor SAR Ambon, Djunaidi

AMBON – Arus deras dan visibilitas (jarak pandang) menghambat Tim SAR Gabungan yang melakukan pencarian warga Amerika Serikat yang Carol Marie Lakien alias Laila (56) dikabarkan hilang saat menyelam di perairan Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Jumat (7/8/2020).

Pantauan malukuterkini.com di lokasi kejadian, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Kantor SAR Ambon, Lantamal IX Ambon, Ditpolair Polda Maluku dan para penyelam dari sejumlah klub selam di Kota Ambon menghentikan pencarian di perairan Negeri Amahusu pada pukul 16.30 WIT.

Proses pencarian juga dipantau langsung oleh Kepala Kantor SAR Ambon, Djunaidi serta Komandan Kodim 1504/Ambon, Letkol Inf Dominggus CA Soumokil.

Kepala Kantor SAR Ambon, Djunaidi mengaku arus deras dan visilibitas atau jarak pandang menghambat Tim SAR Gabungan yang melakukan pencarian.

“Arus laut sangat kuat dan berlawan antara arus atas dan bawah. Visibilitas di bawah laut juga sangat gelap sehingga sangat menghambat pencarian di hari ini,” ungkap Djunaidi kepada wartawan di Negeri Amahusu, Ambon, Jumat (7/8/2020).

Dikatakan, lokasi pencarian berada sekitar 150 meter dari pesisir pantai Negeri Amahusu pada kedalaman 25 – 35 meter.

“Di hari pertama pencarian ini kami mengerahkan 8 orang penyelam yang berasal dari Kantor SAR Ambon maupun klub-klub selam di Kota Ambon. Kita juga mengerahkan kapal KN SAR Bharata,” katanya.

Djunaidi menjelaskan kondisi bawah laut yang menjadi hambatan tersebut akhirnya membuat operasi SAR hari pertama dihentikan pada pukul 16.30 WIT.

“Pencarian akan dilanjutkan Sabtu (7/8/2020) dengan perluas lokasi pencarian radius 500 meter,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun malukuterkini.com di lokasi kejadian, terungkap Laila bersama rekannya Kevin Scott Pool (57) yang sama-sama berkewarganegaraan Amerika Serikat sejak awal Maret 2020 telah berada di perairan Teluk Ambon dengan menggunakan kapal layar bernama Aquabago.

Dikabarkan, Jumat (7/8/2020) pagi sekitar pukul 09.30 WIT, Kevin lebih dulu menyelam dan disusul Laila. Namun menyusulnya Laila tanpa sepengatahuan Kevin.

Saat Kevin usai menyelam ternyata tidak menemukan Laila diatas lapal tersebut beserta perlengkapan penyelaman yang biasa ia gunakan.

Pasca tak menemukan Laila diatas kapal, Kevin pun menghubungi rekan-rekannya di Negeri Amahusu untuk mengabarkan hal tersebut. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!