Sekilas Info

Duta Parenting Maluku Berharap Tahun Depan Prevalensi Stunting Di Malra Menurun

AMBON – Duta Parenting Maluku, Widya Murad Ismail mengaku dari hasil kunjungannya bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Maluku dan Pemkab Maluku Tenggara (Malra), bisa dilihat kemajuan dan juga masalah yang masih menjadi tantangan dan yang juga akan diselesaikan bersama.

“Semoga tahun depan, saat saya berkunjung lagi ke Malra untuk melakukan monitoring dan evaluasi, intervensi terhadap permasalahan sudah dilakukan sehingga prevalensi stunting semakin menurun,” ungkap Widya saat menghadiri pertemuan Koordinasi Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Gizi Buruk di Aula Kantor Bupati Kabupaten Malra, Selasa (27/10/2020).

Widya menjelaskan, suatu kebanggan tersendiri karena dalam satu setengah hari dirinya bisa mengunjungi empat Desa Stunting yakni Ohoi Dian Darat, Mastur, Ohoi Uwat, Ohoi Mun Essoy. Ditambah dua desa yaitu Ohoi Watsin dan Ohoi Lerehoilim.

"Saya begitu senang dapat bertemu dengan bapak ibu dari desa lokus stunting yang telah saya kunjungi. Harapan saya, kita bersama-sama secara terpadu membangun desa sehingga tidak ada lagi anak anak yang bermasalah kurang gizi dan stunting," jelasnya.

Ia juga mengaku, kedatangan dirinya  sebagai Duta Parenting Maluku di Kabupaten Maluku Tenggara telah sesuai tugasnya, yaitu ikut terlibat dengan OPD Pemprov provinsi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting.

Selain itu, Widya juga terus mendorong pemberdayaan masyarakat melalui Tim Penggerak PKK se-provinsi Maluku dalam melaksanakan intervensi Stunting melalui Posyandu untuk penguatan 1.000 hari pertama kehidupan anak.

"Jika masih ada berbagai masalah di daerah ini, terkait upaya pencegahan dan penanggulangan stunting yang ingin disampaikan kepada saya selaku Duta Parenting Maluku, dengan senang hati saya ingin mendengarkan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dalam pertemuan koordinasi yang dihadiri Gubernur Maluku Murad Ismail tersebut dilakukan Penyerahan Rekomendasi Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Pemprov Maluku dengan Pemkab Malra Tahun 2020,

Pemprov Maluku memberikan sejumlah bantuan kepada Pemkab Malra. Bantuan tersebut diantaranya penyerahan SK Gubernur Maluku tentang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Pembangunan Jalan Trans Kei Besar ke Pemkab Malra, bantuan operasional PAUD sebesar Rp 5 juta dan bingkisan kasih berupa sembako kepada anak-anak Stunting.

Dilanjutkan dengan Pencanangan Kabupaten Layak Anak yang ditandai dengan Penekanan Tombol Sirine. Penekanan Tombol ini dilakukan secara bersamaan antara Gubernur Maluku didampingi Bupati Malra, Duta Parenting Maluku Widya Murad Ismail dan Duta Parenting Kabupaten Malra Eva Eliya Hanubun.

Pertemuan ini juga Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Sekda Maluku Kasrul Selang, Kadis Kesehatan Meikyal Pontoh, Kadis Sosial Sartono Pining, Kadis Kehutanan Sadli Lie, Kadis Perindag Elvis Pattiselano, Kadis Kelautan dan Perikanan Abdul Haris dan Kepala Dispar Maluku Marcus J Pattinama. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!