Sekilas Info

Wamendag: Semangat Pemuda Maluku Harus Dipertahankan

AMBON - Semangat pemuda di Maluku harus tetap dipertahankan dan harus dibina.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga dalam sambutannya saat acara Dialog Pemuda dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).

Wamendag menjelaskan sebelum dirinya menjadi Wamen telebih dahulu menjadi anggota DPR RI dan kala itu juga sebagai dosen mengajar di Universitas Sam Ratulangi Manado. Saat itu banyak mahasiswa berasal dari ragam suku dari Ambon, NTT, Papua semuanya satu sebagai satu kesatuan Indonesia adalah besar.

"Semangat kita harus terus dipertahankan, harus kita bina dan harus kita lestarikan dan semangat itu yang kita teladani sampai dengan saat ini. Saya sebelum menjadi Wamen, saya sempat menjadi anggota DPR RI waktu di Sulawesi Utara dan sebelumnya juga menjadi  dosen. Saya mengajar di Universitas Sam Ratulangi Manado dan waktu saat itu saya ketemu dengan teman-teman peserta didik mahasiswa dari Ambon dari NTT dari Papua disana kita melihat semua kita bina sebagai kesatuan bahwa Indonesia besar.  Bahwa kita sampai dengan saat ini karena semangat kesatuan," jelasnya.

Menurutnya, momentum Sumpah Pemuda 92 tahun yang lalu harus terus dijaga.

"Itu yang harus kita pegang sekarang bersatu itu yang harus kita jaga kerukunan hidup yang harus kita bina dan tentunya besar tetapi dari banyak pulau daerah suku, agama, ras, etnis sekarang ini yang harus tetap di pertahankan dan dibina," ungkap Wamendag yang pernah menjabat Wakil Bendahara DPP KNPI periode 2008-2011.

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wamendag di Ambon.

“Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan masyarakat dan pemuda Maluku,” ujarnya.

Di sela-sela kunjungan itu pula, Wamendag menyerahkan bantuan gerobak bagi tiga orang pelaku UMKM di Kota Ambon yaitu Helena Hitipeuw, Reza Matitakapa dan Salma Tuhuteru. Selain itu juga diserahkan hadiah lomba pidato antar pemuda tingkat Provinsi Maluku oleh Wagub. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!