Sekilas Info

Sairdekut – Resley Terpilih Pimpin AMGPM

AMBON - Melkianus Sairdekut akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) periode 2020 - 2025.

Sairdekut akan didampingi Pendeta Richard Resley yang dipilih oleh peserta Kongres sebagai Sekretaris Umum (Sekum) PB AMGPM.

Unggulnya Sairdekut setelah memperoleh 134 suara dalam proses pemilihan yang berlangsung saat Kongres XXIX AMGPM di Gereja Pniel, Jemaat GPM Wayame, Ambon, Rabu (28/10/2020) malam.

Wakil Ketua DPRD Maluku ini unggul lima suara dari Pendeta Yondry Paays yang memperoleh 129 suara dari total 264 pemilih, sementara 1 suara tidak sah.

Perolehan suara dari proses pemilihan berlangsung di 7 spot Kongres tersebar di jemaat-jemaat Klasis Pulau Ambon Utara.

Saat perolehan suara keduanya cukup seru, sejak proses bakal calon menuju ke calon yang dihitung oleh panitia dipusatkan di Gedung Gereja Pniel Jemaat GPM Wayame, Klasis Pulau Ambon Utara Rabu (28/10/2020) dan diikuti secara virtual di 6 spot lainnya, sempat menuai kritik.

Kendati menang angka tipis dengan perolehan  134 suara, Sairdekut akhirnya ditetapkan oleh majelis ketua Kongres Wempy Waas sebagai Ketua Umum (Ketum) PB AMGPM periode 2020-2025 berdasarkan surat keputusan (SK) Kongres XXIX AMGPM nomor 13/KPTS/K-XXIX/2020.

Sairdekut dan Paays awalnya masuk bursa bakal calon Ketum bersama tiga kandidat lainnya yaitu Pendeta Febby Songupnuan, Pendeta Steven Atihuta dan D Betaubun.

Namun saat perhitungan usai, Sairdekut dan Paays dinyatakan  lolos selaku calon setelah meraup 117 suara dan 88 suara. Karena  batas lolos sesuai kriteria harus mendapat minimal 45 suara. Sementara Pendeta Febby hanya memperoleh 35 suara, Pendeta Steven 22 suara dan Betaubun 1 suara.

Sementara proses pemilihan Sekum PB AMGPM berlangsung singkat, setelah Pendeta Yondry Paays menyatakan mundur dari pencalonan.

Paays saat perhitungan suara putaran awal pemilihan bakal calon sudah meraup suara jauh diatas kandidat lainnya dengan 97 suara. Disusul Pendeta Richard Resley 71 suara dan Pendeta Ronny Tamaela 34 suara. Sejumlah suara lainnya terdistribusi secara bervariasi ke sejumlah kandidat.

Hasil itu membuat Paays dan Resley yang berhak melenggang ke putaran pemiihan sebagai calon Sekum PB AMGPM, namun Paays menyatakan tak bersedia dicalonkan. Sebaliknya Resley bersedia dicalonkan.

Akhirnya Resley yang menjabat Sekretaris Klasis di Aru itu pun langsung ditetapkan sebagai Sekum terpilih dan akan mendampingi Ketum terpilih Melkias Sairdekut untuk memimpin AMGPM hingga 2025. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!