Sekilas Info

Ambon Creativepreneur, Inovasi Ekonomi Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19

AMBON – Bagi para pelaku usaha muda (milenial) kini terbuka kesempatan untuk mendapatkan dukungan modal usaha melalui Program Ambon Creativepreneur.

Program tersebut merupakan salah satu inovasi kreatif untuk mempertahankan roda perekonomian, terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Gagasan kolaborasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon dengan generasi muda (milenial) merupakan respon terhadap Era Industri 4.0 dan bagaimana peran pemuda di era milenial dalam menjalankan ekonomi kreatif di Kota Ambon.

Lima peserta terpilih akan mendapatkan modal udaha puluhan juga rupiah. Kesempatan ini terbuka bagi para pelaku usaha muda (milenial).

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Richard Luhukay kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (4/11/2020).

Dikatakan, program ini muncul dikarenakan saat ini pemuda di masa pandemi Covid-19 sementara bergeliat untuk menciptakan lapangan-lapangan kerja baru.

"Salah satunya kita memberikan dukungan bagi setiap pelaku usaha khususnya anak-anak milenial yang sudah mempunyai usaha atau jenis pekerjaannya yang dikelola supaya mereka bisa terus berkembang," katanya.

Ia menjelaskan, pada Badan Ekonomi Kreatif Indonesia ada 17 subsektor yang diberikan pembiayan dan khusus untuk Kota Ambon, Dinas Pemuda dan Olahraga mulai dengan lima subsektor yaitu kuliner, fashion, desain vidiografi, make up artis dan kerajinan tangan.

Sejak program Ambon Creativepreneur di-launching Wali Kota Ambon pada 28 Oktobeer 2020 lalu hinga kini tercatat sudah 20 orang lebih sudah mendaftar. Nantinya kita hanya ambil 5 orang dulu yang akan diumumkan pada 10 November 2020,” jelasnya.

Untuk mendapatkan pembiayaan, kata Luhukay, para kandidat peserta program Ambon Creativepreneur harus membuat proposal tentang  usahanya serta melakukan pembuatan vidio dan selanjutnya akan mengikuti proses seleksi.

“Nantinya bagi mereka yang mendapatkan pembiayaan pihaknya akan melakukan pendampingan,” katanya. (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!