Sekilas Info

29 KUBE Nelayan Di Ambon Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan

AMBON - Sebanyak 29 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Nelayan di Kota Ambon menerima bantuan alat penangkapan ikan.

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon AG Latuheru di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Eri, Kecamatan Nusaniwe, Sabtu (23/1/2021).

Bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020.

Sekkot mengatakan paket bantuan alat tangkap dan alat bantu penangkapan ikan ini harus disyukuri sebagai anugerah karena dibiayai oleh DAK penugasan 2020, di tengah kondisi keuangan daerah yang mengalami refocusing akibat pandemi Covid-19. Olehnya itu, ia meminta agar bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik.

“Saya minta agar paket bantuan ini dapat digunakan sebaik – baiknya agar memberikan manfaat bagi kesejahteraan kelompok penerima secara berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat di kota  Ambon,” kata Sekkot.

Ia berharap agar dapat dibentuk koperasi nelayan, sekaligus pendataan tenaga kerja rentan di bidang perikanan untuk mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan yang difasilitasi pemerintah.

“Mohon dukungan dan kerjasama  semua pihak , baik Dinas Koperasi, Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Perikanan, sehingga dapat berkolaborasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama nelayan di kota Ambon,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Febrien Maail dalam laporannya menjelaskan bahwa pihaknya melalui DAK Tahun 2020 telah melakukan pengadaan sarana dan prasarana perikanan khususnya alat tangkap dan alat bantu penangkapan, dan pada hari ini dilakukan penyerahan kepada kelompok usaha bersama. Kelompok penerima ini, lanjutnya, di tetapkan langsung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melalui usulan Pemerintah Kota Ambon.

Adapun paket bantuan alat tangkap dan alat bantu penangkapan ikan yang diserahkan meliputi, 10 paket pancing Tonda, 9 Paket Gill Net, 10 Paket Jaring, dan 10 Paket Global Positioning Sistem (GPS). (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!