Sekilas Info

60 Napi Lapas Ambon Ikuti Asesmen Rehabilitasi Sosial

AMBON - Sebanyak 60 narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon mengikuti asesmen awal program rehabilitasi sosial tahun 2021, Rabu (27/1/2021).

Dalam rilis yang diterima malukuterkini.com, Kamis (28/1/2021),  Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik Lapas Kelas IIA Ambon, Meky Patty menjelaskan asesmen merupakan pentahapan dalam progam rehabilitasi sosial bagi narapidana narkotika.

“Asesmen ini merupakan tahapan awal sebelum program rehabilitasi dimulai dan merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap narapidana narkotika,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap peserta rehabilitasi sosial dapat mengikuti asesmen dengan baik dan tertib serta menjawab semua pertanyaan dan pernyataan dalam proses asesmen dengan sebenar-benarnya.

“Semoga dapat membantu narapidana lepas dari jerat ketergantungan narkoba agar saat kembali ke masyarakat nanti dapat membangun kehidupan baru yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Pelaksanaan asesmen ini menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku yang mengirimkan tiga assessor, termasuk dokter pendamping, dibantu Kelompok Kerja Rehabilitasi Lapas Ambon selama dua hari.

Adapun tahapan kegiatan rehabilitasi yang nantinya dilakukan adalah intake residen meliputi skrining tes urin dan asesmen, fase program inti (primary) meliputi konseling individu dan kelompok, serta fase persiapan pascarehabilitasi meliputi vocational skill. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!